Merajut Kreativitas dalam LOCA Market 2019 feat. So Klin

“Creativity comes from trust. Trust your instincts. And never hope more than you work.”

Rita Mae Brown

Menggambar dan mewarnai, adalah dua hal dasar dalam dunia seni yang sejak dulu tidak saya kuasai secara baik. Entah itu, berupa gambar pegunungan yang hanya tampak sekilas seperti gundukan tanah (maybe). Atau bahkan, mirisnya sekilas hanya dapat menggambar sebuah bentuk rumah-rumahan yang tidak lebih persis seperti susunan balok. Lantas, lantaran hal itu seringkali saya merasa tidak percaya diri untuk bereksplorasi lebih saat menggambar dan mewarnai. Padahal, dalam hati ingin sekali saya seperti teman-teman lainnya yang dapat menghasilkan sebuah gambar yang bagus dan menarik. Terlebih, seperti saat ini, dimana proses menggambar tidak lagi berpatokan pada sebuah kertas dan torehan pensil. Melainkan, menggambar menggunakan sajian aplikasi yang semakin efisien dengan beragam toolsnya yang layak untuk dicoba dan dipelajari.

Menyadari hal itu, makin kesini saya semakin bertekad untuk terus belajar menggambar melalui aplikasi. Bukan semata-mata untuk komersil, tetapi demi mencapai kepuasan batin dalam mengasah kreativitas yang saya sadar betul tidak menguasainya dengan baik. Meski dalam praktiknya, tentu saja tak lepas dari yang namanya kegagalan berkali-kali. It’s okay, toh wajar, namanya juga belajar hehe. Karena, sejatinya dari proses kreativitas inipun saya belajar bahwa hal utama yang mendasari proses ini adalah keberanian dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Intinya, Trust your instincts. And never hope more than you work. Kendati, saat melirik rumput tetangga rasa-rasanya lebih menggiurkan, ketimbang rumput milik sendiri. Bukan begitu, bu? Hehee.

Focus edition, jarang kan kayak gini

By the way, terkait hal itu, pada Kamis (28/3) lalu, saya berkesempatan untuk hadir dan ikut serta dalam workshop “Painting on Ceramic” by Ganara. Dimana, workshop yang diselenggarakan dalam event LOCA Market 2019 ini disponsori oleh So Klin selaku brand merk kenamaan dari Fabric Care Wings Corporation. Dan, W-O-W, aselii workshop yang saya ikuti kali ini menantang banget, Mak. Why?? Pasalnya, seluruh peserta diminta untuk melukis di sebuah mug keramik. Dan, mirisnya hal ini belum pernah saya lakukan sama sekali dong. Menariknya lagi, dalam waktu sekitar 1 jam kami secara spontan berusaha mencari ide sekreatif mungkin untuk dapat menciptakan lukisan yang menarik di sebuah mug. Jujurly, ini sesuatu banget buat saya pribadi.

Akhirnya, saya pun berusaha untuk tenang, rileks dan percaya diri aja dulu. Entah, hasilnya seperti apa, baik jelek ataupun bagus. Sing penting, saya sudah menciptakan ide lukisan di sebuah mug berdasarkan versi saya, hahaa. Padahal mah dalam hati, pas ngelirik punya teman kanan-kiri kok hasil mereka lebih bagus ya daripada punya guhe, huhu. But, no problemo! It’s normally, intinya orang enggak bakal merasa tertantang kemudian bisa sukses, kalau enggak ada motivasi dari partnernya, iya enggak? Pastinya. Dan, tadaaa… inilah hasilnya.

Gambar bunga, terinspirasi dari aroma So Klin Sakura Experince

So Klin dan LOCA Market 2019

So Klin sebagai salah satu produk deterjen terkemuka pilihan emak-emak Indonesia milik perusahaan Wings Corporation ini, selalu menjadi sponsor utama yang konsisten dalam mendukung terlaksananya festival LOCA Market ini. Dan, menariknya lagi, apresiasi So Klin kali ini pun dikhususkan bagi para perempuan Indonesia yang tidak pernah berhenti untuk terus menginspirasi sesamanya melalui karya dan seni. Wah, keren banget dong pastinya.

“Ini sesuai dengan misi So Klin yaitu Empowering Women, So Klin berkomitmen untuk selalu berinovasi memenuhi kebutuhan Moms akan deterjen yang berkualitas. Tahun ini, inovasi So Klin ditandai dengan peluncuran koleksi rangkaian So Klin Experience Sakura. Inovasi ini mengambil inspirasi dari keindahan bunga sakura yang bermekaran setiap satu tahun sekali dan menjadi simbol kebersamaan masyarakat Jepang,” ujar Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care Wings Corporation.

Adapun, acara LOCA Market 2019 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise ini pun berhasil menyedot banyak perhatian publik. Khususnya, dari 100 tenant local brand yang ikut serta meramaikan acara LOCA Market 2019 kali ini. Tidak sampai disitu saja, rupanya So Klin juga turut langsung menghadirkan berbagai bentuk kegiatan, mulai dari workshop, talkshow hingga pameran beragam produk inspiratif dalam artisan pop-up shops. Wagelaseehh, makin menarik dong pastinya buat dicoba, hehe.

Tentang LOCA Market

LOCA Market didirikan pada 2018 untuk mendorong kreativitas masyarakat Indonesia yang melibatkan brand asli Indonesia ke dalam sebuah festival local brand dengan konsep budaya lokal Indonesia. LOCA Market berkolaborasi dengan local brand pada mode, dekorasi, perawatan pribadi, kosmetik, makanan, aksesoris, dan lain-lain. LOCA Market juga dipersiapkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang budaya sebagai salah satu cara untuk menyalurkan kreativitas anak muda dalam mempersiapkan LOCA Market.

Finally, acara yang bertajuk “Creativity in Diversity” ini pun nyatanya berhasil mengajak para brand lokal untuk bisa show off terhadap hasil karya mereka. Dan, dalam hal ini So Klin selaku sponsor utama pun berharap agar tiap tahunnya event ini bisa terus terlaksana. Mengingat, event ini merupakan wadah bagi para brand lokal di berbagai daerah untuk dapat eksis dan melalang buana kedepannya, semoga. Akhir kata, semoga bermanfaat. Salam waras!

Iklan

27 comments

  1. Wah buat saya juga masih terasa unik melukis di atas keramik mah Mbak
    Selama ini banyu anak menggambar ya di atas kertas hehehe..
    Terbayang pasti seru ya acaranya.

    Suka

  2. Soklin ada acara seperti ini? Wah seruuu nyaa. Aku suka banget ikutan acara art and craft kaya gini. Setelah jadi bisa dibawa pulang ya mba? Btw dapat godies bag Soklin nya ngga? Soklin aku suka karena wangi dan lembut

    Suka

  3. Keren banget ini acara loca marketnya. Bisa jadi wadah buat ngasah kreativitas yah bun. Seneng banget bisa langsung dipraktekin kreativitasnya ke mug. Kira-kira akan ada rencana diadakan dikota lainkah?

    Suka

  4. Seru ya ikutan acara gini pasti. Dapat gift dan ikutan banyak acara kreasinya.
    Sayangnya saya belum pernah ikut yg ada lukisan keramik gini. Pasti unik karena belum pernah nyobain juga.
    Salam waras juga mbak 😉

    Suka

  5. Wah seru nih acara bareng so klinnya.. bisa belajar painting di mug .. selain itu bisa ngelihat brand2 lokal show up di acara ini keren banget deh so Klin ini

    Suka

  6. Keren eventnya 👍👍. Btw.. Jadi pengen ikutan menggambar di keramik juga. Mau lihat bagaimana hasilnya hehehe😊😊

    Suka

  7. Seru ya kayaknya acaranya mba, melukis dan mewarnai di keramik. So Klin jadi sponsornya wahh… Pengen ikutan deh kalau di Mlg ada. Mksh mb info n sharingnya.

    Suka

  8. Pasti seru banget ya Mbak, nambah ilmu, pengalaman dan bisa eksplorasi diri juga agar bisa menaklukkan tantangan dengan baik juga. Itu hasil karyanya cantik koq 🙂

    Suka

  9. seru ya workshop seperti ini.. fun banget dan merangsang kreativitas.. btw aku suka warna pink sakura di mug Mom Ludyah.. lucu buat dipajang karena gambarnya pake lukisan tangan 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s