Inilah, 10 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Perempuan dalam kaitannya sangat erat dengan risiko penyakit kanker payudara. Hal ini tidak dapat dipungkiri begitu saja. Namun, percayakah anda? Bahwa, sejumlah makanan diantaranya mengandung manfaat yang dapat membuat tubuh kita sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menghindarkan diri kita dari risiko penyakit kanker payudara.
Dilansir dari Natural News.com, dalam sebuah studi penelitian disimpulkan bahwa perempuan memiliki risiko 25 persen lebih rendah untuk terhindar dari penyakit ini. Adapun, situasi ini didasarkan oleh konsumsi kalori lemak per hari. Mengingat, sebagian besar wanita yang didiagnosis menderita penyakit kanker payudara ini, rupanya disebabkan karena estrogen-reseptor negatif yang berlebih pada tubuh.
Oleh sebab itu, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menekan munculnya risiko kanker payudara ini. Termasuk, diantaranya dengan menelusuri risiko penyakit tersebut melalui faktor genetik dalam keluarga. Namun, kenyataannya aspek gaya hidup juga dapat memengaruhi munculnya risiko penyakit tersebut.
Kendati demikian, sejumlah hal juga dapat dilakukan untuk menekan pertumbuhan penyakit ini, yakni dengan olahraga yang teratur, menjaga berat badan yang ideal dan menghindari rokok. Termasuk juga didalamnya menjaga pola makan.
Berikut ini, 10 makanan yang dapat mencegah risiko penyakit kanker payudara.
Tomat
Sebuah penelitian baru menemukan, bahwa buah-buahan dan sayuran yang tinggi karotenoid dapat mengurangi risiko pertumbuhan agresif dari penyakit kanker payudara sebesar 20 persen. Hal ini disebabkan, karena buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah dan orange kaya akan karotenoid. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsi tomat, wortel dan melon dalam menu diet Anda setiap hari.
Berri
Jenis buah-buahan ini memiliki rasa yang asam-manis dan baik untuk kesehatan. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah ini sebanyak mungkin. Berri, terutama stroberi dan raspberry, mengandung asam ellagic yang tinggi, yaitu sebuah fitokimia yang telah terbukti untuk mencegah kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan, dan payudara.
Biji Rami
Biji rami merupakan sumber vegetarian terbaik karena mengandung minyak Omega-3. Kandungan lignan yang tinggi (senyawa pelindung kanker dengan efek phytoestrogenic, red), dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat mencegah wanita dari risiko penyakit tumor. Biji Rami dapat rutin dikonsumsi setiap hari. Dengan menaburkannya di salad, yogurt, atau smoothie sebanyak satu sampai dua sendok sehari, mampu menghindarkan Anda dari penyakit kanker payudara.
Delima
Jenis buah ini sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Karena banyak mengandung polyphenol-asam ellagic dengan sifat antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Sertakan, buah lezat ini dalam diet Anda dan temukan manfaatnya bagi kesehatan tubuh secara efektif.
Kopi
Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat memicu penyakit kanker. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam ‘Breast Cancer Research’, minum kopi setiap hari dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel agresif dari kanker payudara.
Kunyit
Bumbu kuning yang paling sering ditemukan dalam kari ini, dinilai benar-benar mampu melawan penyakit yang tergolong berat. Selain sifat anti-inflamasi dan antiseptik, bahan aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, dinilai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
Kacang-kacangan
Lentil dan kacang-kacangan mengandung folat (asam folat), serat dan sejumlah nutrisi lainnya yang dapat mencegah risiko kanker.
Tahu
Produk olahan kacang kedelai berupa tahu, rupanya mengandung isoflavon dan agen antikanker yang sangat tinggi. Sehingga, sangat berpotensi untuk menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.
Brokoli
Brokoli dan sayuran Brassica lainnya yang tinggi indole-3-carbinol (I3C), rupanya memiliki sifat antikanker yang kuat. I3C sangat penting untuk mencegah kanker payudara karena dapat menggeser keseimbangan estrogen pada tubuh untuk menekan pertumbuhan tumor.
Bawang Putih
Mengandung banyak allium yang dapat melawan senyawa kanker, bawang putih dan kerabatnya (bawang merah, daun bawang, daun bawang, dan daun bawang) terbukti mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara. Dengan mengonsumsi sepotong bawang putih setiap pagi, dapat membantu Anda untuk terbebas dari penyakit kanker.

Previous post Catatan Ludy, Bukan Sekadar Nama Blog Biasa!
Next post Community Make Us Strong

16 thoughts on “Inilah, 10 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Leave a Reply

Social profiles