5 Tips Ampuh Usir Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut yang ditimbulkan saat berpuasa, tentunya akan membuat seseorang tidak nyaman dengan aroma tersebut. Hal inipun lumrah dan terjadi pada siapapun, karena umumnya bau mulut ini ditimbulkan oleh beberapa hal yang dapat memicu hadirnya aroma tak sedap di mulut. Bahkan, bau mulut saat berpuasa bisa 2 kali lipat lebih bau lho dibandingkan hari-hari biasa. Lantas, kok bisa sih? Dan, adapun penyebabnya antara lain:

Kurangnya Menjaga Kebersihan Mulut. Kebiasaan membersihkan gigi dan mulut merupakan salah satu perkara penting yang mesti diperhatikan. Kenapa oh kenapaaa? Karena, jika untuk menyikat gigi 2x sehari saja malas-malasan, ditambah lagi dengan enggan membersihkan gigi dengan menggunakan obat kumur atau flossing saja terbilang jarang (pake banget). Maka, risiko yang didapatkan pun juga layak, yakni berupa meluasnya perkembangan bakteri dan kebersihan area gigi dan mulut yang cenderung tidak bersih.

Alhasil, berbagai penyakit pada gigi pun akan bermunculan yang disertai dengan tumbuhnya karang gigi. Dan, sumber utama dari masalah ini adalah berkembangnya bakteri pada gigi dan mulut, yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut. Well, intinya jaga dan perhatikan kebersihan mulut khususnya saat berpuasa, beres!

Pictured by pixabay.com

Pola Makan yang Buruk. Yup, ini juga mesti diperhatikan baik-baik ya gaes. Faktanya, pola konsumsi makanan yang buruk juga dapat mempengaruhi bau pada mulut lho! Khususnya, pada jenis-jenis makanan yang sifatnya tajam, seperti kopi, bawang merah, makanan pedas, bawang putih, soda dan lain-lain.

Kondisi Mulut yang Kering. Seperti kita ketahui, saat berpuasa umumnya mulut menjadi kering hingga mengakibatkan bau mulut yang tak sedap. Dan, pada kondisi mulut yang kering ini, diketahui bakteri dan sel-sel mati akan menumpuk di gusi, lidah dan sekitar sela gigi lainnya. Sehingga, dari bakteri dan sel-sel mati yang menumpuk inilah yang memicu hadirnya bau mulut. Maka, untuk mengantisipasinya hal yang perlu diperhatikan adalah lagi-lagi memastikan kebersihan mulut setiap hari. Simpel sih, tapi berat saat dikerjakan untuk menjadi sebuah habit (duh, saya banget nih!)

Baca Juga:
Cara Ampuh Putihkan Gigi Gak Pake Ribet
Cara Hemat Mengobati Sakit Gigi

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir bau mulut saat berpuasa. Bagi saya pribadi, enough lah! Daripada lu manyun gara-gara dijauhin lantaran bau mulut, hehe. So, biar enggak makin penasaran ini diaaa…

Pictured by pexels.com
  1. Konsumsi buah saat sahur. Bagi saya pribadi cara ini cukup bekerja, apalagi ditambah dengan mengonsumsi beberapa buah kurma. Oke banget, wajib dicoba!
  2. Rutin menyikat gigi dengan benar dan teratur. Ini sih, memang sudah kewajiban ya gaes. Bahkan, jika perlu pada bagian lidah juga ikut disikat. Tujuannya, untuk memastikan agar kebersihan area mulut dan gigi telah benar-benar bersih tanpa ada sisa makanan yang menempel.
  3. Banyak mengonsumsi air putih. Saat puasa, penting untuk tetap memperhatikan asupan air dalam tubuh dengan tetap mengonsumsi air putih sebanyak 8 liter. Mengingat, kebiasaan ini merupakan salah satu cara untuk dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh dari kekeringan, khususnya di area mulut.
  4. Menggunakan flossing atau obat kumur. Diketahui, kandungan CB12 yang terdapat dalam obat kumur dinilai secara signifikan mampu meminimalisir bau mulut saat berpuasa. So, cukup simpel bukan? Eits, tapi perhatikan lagi ingredients-nya, jangan sampai memilih obat kumur yang mengandung alkohol ataupun zat lainnya yang berbahaya.
  5. Rutin memeriksakan gigi. Yup, memeriksakan gigi tiap 6 bulan sekali penting ya gaes. Jadi, supaya gigi tetap sehat, kuat dan tidak bau mulut kudu pastikan untuk selalu memeriksakannya secara benar dan teratur.

Nah, cukup jelas bukan? Dan, lagi-lagi pada intinya ialah mesti memperhatikan kebersihan gigi dan mulut dengan benar. Meski, rasa-rasanya sering abai dan malas banget. Tapi, daripada malu sendiri gara-gara bau mulut, enggak banget dong pastinya. Please deh, pikir-pikir lagi, enggak mau kan jadi malu sendiri? Kalau udah malu, pasti enggak bakal pede, hehe. Semoga bermanfaat yaa, Salam Waras!

Iklan

7 comments

  1. Bulan puasa gini lumayan deh bau mulut hahaha.

    sebijaknya memang lebih perhatian ama kesehatan mulut dan gigi.

    Dan minimal jangan lost control buka mulut lebar2 mencegah orang lain terganggu dengan itu hehehe

    Kalau saya kadang kumur2 pas wudhu gitu dimanfaatkan meski ga sering sih, takut puasanya makruh 🙂

    Suka

  2. Menjaga kebersihan intinya ya Mbak. Ini PR banget buat saya yang sedang masanya mengajarkan anak berpuasa termasuk perintilannya terkait menjaga supaya mulut tidak bau

    Suka

  3. tipsnya penting banget nih supaya kita tetap pede berinteraksi saat berpuasa.. pokoknya, jaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi.. jadi seger terus selama berpuasa ya Mbak 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s