Tips Aman Mencuci Pakaian Keluarga di Masa Pandemi

Yuk, cari tahu seperti apa sih cara aman mencuci pakaian keluarga di masa pandemi. Inget juga, jangan sampai dicampur-campur sembarangan ya cucian kotornya, hehe.

Pengen deh, bisa bebas main kemana aja kayak dulu. Tanpa perlu stress mikirin pagebluk yang bikin bete tiap harinya. Tapi, berani jamin nih pulang-pulang enggak bakal bawa penyakit?

– Emaknya Khadijah

Tips aman mencuci pakaian keluarga di masa pandemi, kayak gimana sih? Please, kalau ditanya tentang perkara yang satu ini, jelas bakal auto mager pake banget. Apalagi kalau udah menyangkut soal setrikaan yang rasanya tiap hari ada terus dan makin menggunung. Duh, udahlah mikirnya langsung dipake aja tuh baju tanpa perlu digosok. Ditambah, tuntutan profesi tiap harinya yang mengharuskan emak beranak satu ini momong bocah kesana kemari. Ealah, magernya pun malah makin akut alias double, wkwkwk (parahhh).

Tapi tunggu dulu, rupanya hal ini jangan disepelekan gitu aja lho. Khususnya di masa pandemi kayak gini. Dimana, penyebaran Covid 19 kini seolah makin mengganas dan angka penderitanya pun terus melonjak tajam dari hari ke hari. Bahkan, saya pribadi sempat ketar-ketir enggak karuan saat suami harus pergi dinas keluar kota beberapa waktu lalu di masa pandemi ini. Lantaran, khawatir jika kepulangannya nanti justru malah membawa virus penyakit ke rumah. Dan, hal itulah yang sangat sangat tidak saya harapkan. Na’udzubillah.

Terlebih, menurut sejumlah studi mengatakan bahwa virus corona ini dapat menempel di pakaian, sehingga berisiko menjadi media dari penularan penyakit Covid 19, yang tidak hanya bagi pemakaianya. Namun, juga bagi orang-orang disekitarnya yang melakukan kontak langsung dan terkena droplets. Lantas, hal sederhana yang bisa saya lakukan sebelum suami masuk ke rumah setelah pulang dinas adalah melakukan disinfeksi terhadap semua barang yang dia gunakan, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Padahal sih, kasihan juga sebenarnya harus semprot-semprot doi dulu sebelum masuk, hehe. Maafkan ya, pak.

Ilustrated by giphy.com

Cara Aman Mencuci Pakaian di Masa Pandemi

Nah, barulah setelah itu, saya memutar otak untuk melakukan hal penting selanjutnya, yakni EKSEKUSI PAKAIAN KOTOR. Tapi, disclaimer dulu ya, saya enggak sampai lebay-lebay gimana gitu kok, yang bahkan mau megang bajunya pun harus banget pake safegloves, hahaha. Enggak segitunya juga lah ya. Well, kira-kira seperti apa sih tips aman mencuci pakaian keluarga di masa pandemi ini versi saya? Selengkapnya, ini dia tipsnya.

Pisahkan Pakaian Kotor Berdasarkan 2 Kategori Ini

Jujur, saya pribadi sebenarnya bisa dibilang lebih memilih cari aman untuk hal ini. Adapun, dua kategorinya yaitu: Pakaian anggota keluarga yang sakit dan pakaian yang digunakan setelah berpergian jauh. Karena, jelas banget ya selama pandemi ini ruang lingkup aktivitas kita pun pastinya enggak jauh-jauh dari rumah. Sehingga, saya merasa perlu banget untuk memisahkan dua kategori pakaian ini dengan pakaian rumahan yang HANYA saya pakai di dalam rumah saja. Poin ini penting banget, karena dua kategori pakaian ini berpotensi dihinggapi oleh berbagai jenis virus dan bakteri. Nah lho, bisa jadi kan yang nempel malah si Corona. Awas lho, hati-hati ya gaes!

Rendam dengan Air Panas

Setelah dipisahkan berdasarkan dua kategori pakaian di atas, hal berikutnya yang saya lakukan adalah merendam dua kategori pakaian ini dengan air panas. Ya, kurang lebih suhunya sekitar 60 derajat celcius atau lebih tinggi, tepatnya ketika rebusan air yang kita masak telah tampak mendidih hingga bergelembung gitu, iya gak sih. Pokoknya gitu lah. Dengan durasi perendaman selama 30 menit. Hal ini, saya yakini berdasarkan landasan ilmiah yang menyebut bahwa virus corona akan mati jika dipanaskan pada suhu 56 derajat celcius selama 30 menit.

Tapi ingat juga, sebelumnya cek-cek dulu ya jenis bahan bajunya agar tidak rusak ketika direndam dengan air panas yang terlalu panas. Catet!

Pilihlah Deterjen dengan Kandungan Pemutih

Sebaiknya, saat mencuci pakaian di masa pandemi ini kita dianjurkan untuk menggunakan deterjen yang memiliki kandungan pemutih aktif. Mengutip dari laman LIPI, disebutkan bahwa virus corona ini mempunyai sebuah selubung (enveloped virus) dengan lapisan lemak. Dimana, selubung ini tidak bisa hilang jika hanya menggunakan air biasa saja. Sehingga, membutuhkan deterjen dengan kandungan pemutih aktif yang dinilai efektif menghilangkan virus corona pada lapisan pakaian. Sip, sampai sini cukup jelas kan ya.

Mencuci Lebih Aman dengan Mesin Cuci

Sebenarnya sih, sah-sah aja kalau mau cuci baju dengan menggunakan tangan. Tapi nih menurut hemat saya, akan lebih aman rasanya jika kita mencuci pakaian dengan memakai mesin cuci di masa pandemi kayak gini. Karena, jelas banget kondisi ini tentu dapat meminimalisir diri kita dari kontaminasi virus dan bakteri yang ada pada pakaian. Enggak pengen kan, cuma gara-gara nyuci, eh kitanya pun malah jadi ketularan coronce, hehe. Canda gaes!

Yuk, Kenalan dengan Mesin Cuci MODENA Calma WD 1157

Sebagai seorang ibu yang pengennya serba praktis, aman, sehat, dan terkendali, tentu menginginkan hadirnya sebuah inovasi alat yang dapat memudahkan segala pekerjaan rumah tangga yang tergolong rumit tapi dijamin kebersihannya. Dan, PT MODENA Indonesia pun hadir dalam memudahkan sekaligus menjawab segala keresahan hati ibu-ibu se-jagat raya Indonesia. Utamanya, untuk urusan cuci mencuci pakaian keluarga.

Pas banget deh, beberapa waktu lalu, PT Modena Indonesia meluncurkan inovasi mesin cuci terbarunya lho, MODENA Calma WD 1157. Sebuah inovasi mesin cuci front loading yang tidak hanya menawarkan kemampuan mencuci dan mengeringkan secara sempurna, namun juga menjamin higienitas hasil cuciannya. Sehingga, tidak hanya bersih saja, aspek kesehatan pun juga sangat diperhatikan demi menunjang kenyamanan dan pola hidup sehat pemakainya. Khususnya nih, di masa pandemi Covid 19 saat ini, yang segalanya mesti dijaga banget kebersihannya secara detail, terutama dari pakaian yang kita gunakan sehari-hari.

Mesin Cuci MODENA Calma WD 1157

Nah, kira-kira pada penasaran enggak sih dengan fitur mesin cuci MODENA yang satu ini? Mau tahu? Langsung aja yuk, intip disini!

Fitur Automated Drum Cleaning

Salah satu fitur canggih yang menjadi andalan mesin cuci MODENA Calma WD 1157. Dimana, fungsinya ialah untuk memastikan kebersihan drum tempat berlangsungnya proses pencucian dan pengeringan dalam kondisi steril. Menariknya lagi, kita dapat mengatur suhu air sesuai dengan keperluan. Termasuk, jika kita ingin mencuci pakaian dengan air panas sekalipun, sehingga dengan penggunaan air panas ini dapat kita gunakan untuk mematikan virus dan kuman selama proses pencucian berlangsung. MODENA Calma WD 1157 ini juga memiliki pilihan proses pembilasan hingga lima kali lho, yang membantu kita untuk memastikan tidak ada lagi sisa deterjen yang menempel pada cucian. Gimana? Praktis banget kan?!

Fitur Ergodrum

Buat kamu yang doyan koleksi pakaian dan takut serat pakaian tampak rusak, kini enggak perlu khawatir lagi ya. Karena, MODENA Calma WD 1157 ini telah dilengkapi dengan fitur Ergodrum, yaitu tabung cuci yang ramah terhadap berbagai jenis bahan pakaian. Sehingga, tidak akan menimbulkan kerusakan serat pada struktur bahan.

Disamping itu, selain unjuk gigi di aspek kesehatan, MODENA Calma WD 1157 juga diklaim sebagai produk yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam mengukur dan menyesuaikan kebutuhan air berdasarkan banyaknya cucian yang kita taruh ke dalam tabung. Maka, sangat tepat rasanya jika MODENA Calma WD 1157 ini dinilai sebagai salah satu mesin cuci yang lebih hemat air dan efisien penggunaannya terhadap lingkungan.

Fitur Power-Off Memory

Ketika proses pencucian sedang berlangsung dan tiba-tiba listrik mati, kamu enggak perlu merasa jengkel apalagi sampe keburu bete kalau-kalau proses pencucian akan dimulai dari awal lagi. Tenang aja, dengan adanya fitur Power-Off Memory pada MODENA Calma WD 1157 ini dapat mensetting proses pencucian tanpa harus mengulangi prosesnya dari awal lagi. Dengan kata lain, ketika listrik mulai menyala kembali, maka secara langsung proses pencucian pun akan terus berlanjut. Apalagi, jika ingin menambahkan cucian kotor ke dalam drum, tinggal klik tombol untuk menghentikan proses, lalu masukin deh pakaian kotornya. Melalui fitur inilah, proses pencucian pun akan berlanjut sesuai dengan settingan awal.

Fitur Delay Start

Selain itu, mesin cuci MODENA Calma WD 1157 ini juga dilengkapi dengan fitur Delay Start, yang fungsinya sendiri untuk mengatur waktu kapan dimulainya proses pencucian berlangsung. Menariknya, dengan adanya fitur ini dapat memudahkan rutinitas kita dalam menjadwalkan aktivitas mencuci pakaian tanpa perlu diganggu oleh pekerjaan domestik lainnya. Lumayan banget kan, bisa disambi rebahan di karpet, hehe.

Kelebihan MODENA Calma WD 1157 Lainnya

Tidak hanya didukung oleh fitur-fiturnya yang canggih, mesin cuci MODENA yang satu ini juga memiliki kelebihan unik lainnya, yaitu teknologi inverter yang mampu menghemat penggunaan energi lebih dari 20%, yang membuat usia pakai MODENA Calma WD 1157 lebih panjang dan awet dibanding mesin cuci non-inverter. Ditambah lagi, motor yang digunakan ini pun akan lebih awet, lantaran Adjustable Spin Setting, yakni sebuah teknologi yang memudahkan pemakainya dalam mengatur kecepatan perputaran drum. Sehingga, motor tidak dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus di setiap proses pencucian.

Dari segi estetik, MODENA Calma WD 1157 ini pun enggak kalah cantik dan anggun lho, dengan tampilan warna titaniumnya yang berkelas dapat meningkatkan kesan elegan pada interior ruang cuci. Ditambah lagi, dengan adanya LED Display yang ditanam sebagai pusat kendali layar sentuh, tidak hanya meringankan proses pengoperasiannya namun juga memberikan kesan modern pada MODENA Calma WD 1157 ini.

Gimana nih buk-ibuuk, kece banget kan produknya. Nah, bagi teman-teman yang naksir dengan produk MODENA Calma WD 1157, langsung aja yuk belanja online dan intip websitenya di www.modena.co.id atau bisa juga pre-order dulu di outlet-outlet resmi MODENA. Semoga bermanfaat, happy shopping yaa!

Live Healthy Be Happy Blog Competition

Bagi teman-teman yang memiliki cerita dan pengalaman menarik selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru ini, yuk ikutan blog competition Modena bersama Ibu-Ibu Doyan Nulis, seperti yang saya tuliskan di atas. Banyak hadiah menarik lho yang bisa saya dan kamu dapatkan jika mengikuti lomba ini. Info selengkapnya, langsung aja yuk meluncur ke website Ibu-Ibu Doyan Nulis. Cuss, jangan lupa ya!

Semoga sehat selalu ya teman-teman, SALAM WARAS!

Ludy

Sharing is caring!

37 thoughts on “Tips Aman Mencuci Pakaian Keluarga di Masa Pandemi

  1. Apalagi mesin cuci Modena ini bukaan atas ya Mba . Otomatis lebih hemat air. Aku suka banget pas baca, ternyata kalo mati listrik nanti pas hidupnya mesin cuci ini gak bakal ngulang lagi. Bertambah hematnya.

  2. Kalau saya cuman dipisah dari baju paksu, karena cuman paksu yang keluar masuk.
    Kami semua ngendon mulu di rumah hahaha.

    Btw menarik juga nih mesin cucinya, jadi auto kebantu cuci pakaian di masa pandemi ini πŸ™‚

  3. Kalau aku baju sehabis dari luar, kebetulan keluar itu kalau ke supermarket jadi langsung dicuci untuk menghindari adanya virus dan bakteri yang ikutan.

    1. Nah, sama banget nih mba kayak aku. Emang sih, cucian bakal banyak banget. Tapi tak apalah ya, demi kesehatan keluarga juga, hihi

  4. Suamiku juga kerjanya diluar kota mba dan memang worry banget sama Corona. Dulu pas coorna Semogalagi rame-ramenya parno banget kalo suami pulang wkwk. Semoga aja kita semua tetep sehat ya mba jangan sampe orang terdekat atau kita sendiri terinfeksi virus ini. Btw mesin cucinya kece parah, jiwa emak emak ini jadi berontak pengen yang itu wkwk

    1. Aamiin, toss dulu yuk mba hehe. Sama banget aku tuhhh, udah berontak juga ini minta diupgrade mesin cucinya hehe

  5. Kalau saya laundry Mbak, tak sempat rasanya utk cuci baju, udah cape duluan bawaannya. Tapi kalau sempat sy cuci, sy blm pernah direndam pakai air panas enam puluh derajat, langsung rendam deterjen dan sikat trus bilas dan direndam pewangi, tinggal dikeringkan dg mesin cuci. Boleh juga itu mesin cucinya Mbak, kokoh sepertinya.

  6. Ternyata selain menjaga pola makan saat saat pandemi ataupun Newnormal, menjaga kebersihan pakaian pun juga mesti diperhatiin.
    Untuk sekarang,di rumah belum ada mesin cuci. Dirumah masih nyuci secara manual.

    Tapi ngelit mesin cuci MODENA CALMA WD 1157 kok jadi tertarik ya, apalagi si mesin cuci ini hemat listrik juga.
    Kan lumayan kalau hemat, uang nya bisa jadi tambahan belanja dapur aja.

  7. Wah selama ini nyuci belum cermat melihat kandungan bahannya ada pemutihnya apa gak? Xixi lain kali bakalan cek lagi. Btw tertarik bangt dg meain cuci modena, kayaknya yang di rumah sudah waktunya minta diganti hehe. Tq infonya mb

  8. betul sekali saya juga sama mba memisahkan pakaian yang cuman di rumah dan bekerja di luaran. yang diam di rumah saya cuci dengan tangan saja sudah cukup dan yang kerja di luar saya cuci dengan mesin cuci sampai 2 kali putaran untuk menghindari adanya kotoran atau virus. mudah-mudahan sih aman

  9. Setuju banget mbak kalau pakaian kotor dibagi 2 yaitu yang sakit dan perjalanan jauh atau luar kota. Rendam air panas juga mampu menghilangkan berbagai virus dan kuman. Mesin cuci Modena ini impian banget mbak, btw ada blog competitionnya ya, jadi pengen ikutan.

  10. Kalau sampai mendidih gitu masak airnya Setahuku suhunya 100 derajat, hihi. Tips nya oke nih soal pemisahan baju, biar nggak tercampur juga ya, baju yang keseharian kita sama yang kita pakai ke luar rumah

  11. kalau saya mengkategorikan pakaian itu berdasarkan pemiliknya.
    jadi baju anak-anak pisah sendiri saat cucinya, baju paksu dan terakhir baju saya sendiri πŸ˜€
    mesin cucinya keren ya Mbak, jadi semangat nyuci ini mah πŸ˜€

  12. Fitur memory pada mesin cuci ini sangat membantu para ibu ya.. sehingga saat listrik padam tidak perlu mengulang operasi dari awal yang, terkadang bisa bikin tagihan air bertambah

  13. Saya dulu pengin banget lho mbak punya mesin cuci front load gitu. Tapi setelah saya pikir-pikir, gimana klo saya lupa nutup pintunya ya…hehehehe..
    Modena mah merk udah terpercaya dari zaman saya kecil. Dulu kenalnya modena ini kalau urusan dapur.

  14. Wah, mesti ganti mesin cuci kayaknya saya, nih, Mbak πŸ˜€ Pas pandemi saya juga lebih milih nyuci pake mesin cuci, tinggal dipisahkan aja sesuai kebutuhan. Semoga kita tetap sehat-sehat, ya, Mbak. Pengen banget semua ini segera berakhir πŸ™

  15. Masa pandemi ini memang kita harus senantiasa waspada karena keberadaan virus ini tidak bisa dideteksi dengan mata. Belum lagi keberadaannya yang tahan berjam-jam menempel di beberapa tempat, termasuk di pakaian. Semoga kita dijauhkan dari penyakit ini. Aamiin.

  16. Modena memang memanjakan emak-emak banget. Inovasinya patut siacungi jempol. Mesin cucinya ini contohnya. Banyak fitur yang mendukung kehigienisan dan kepraktisan.

  17. mupeng banget liat mesin cucinya. kalau sudah punya laundry room, rasanya pingin ganti ke mesin cucinya modena, biar ruangannya terlihat cantik

  18. Aku lagi nabung buat beli mesin cuci satu tabung nih. Kayaknya modena bisa jadi pilihan. Soalnya kalau pake mesin 2 tabung itu rawan kusut trus jadi ngerusak ke serat pakaian.

  19. Wah, Modena kece juga ya mesin cucinya.
    Kebetulan lagi nyari mesin cuci yang hemat energi dan tentunya punya spec yg bagus. Di nasa pandemi ini memang perlu telaten dalam mencuci baju.

  20. Saya ga pernah rendam cucian pakaian menggunakan air panas πŸ™ mesin cucinya gak mumpuni, kalaupun di rebus dulu gasnya gak akan kuat 1 tabung untuk sebulan. Jadinya cuci biasa aja, tapi buat pakaian yang habis dipakai keluar rumah, akan di rendam dengan disinfektan dulu baru di cuci

  21. Di masa pandemi seperti skrang ini, mencucu pun harus ada aturanya ya mba, tapi terbantu banget memang kalau dengan mesin cuci. Apalagi mesin cuci nya keren begini. nyuci jadi seruuu. Ah, jadi pingin kan

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares