Ingin Berlibur Saat Pandemi? Simak Tips Berikut Ini!

berlibur saat corona

Ingin berlibur saat pandemi? Namun, masih ketar-ketir enggak karuan. Selagi protokol kesehatan menjadi prioritas utama, yuk baca tips aman berlibur di masa pandemi versi aku berikut ini. Check this out!

Musim liburan sekolah telah tiba, mungkin sebagian besar di antara kita banyak yang memilih untuk menghabiskan waktu liburan mereka di luar rumah, kendati di masa pandemi sekalipun. Tak terkecuali saya, haha. Bisa jadi nih, karena memang efek terlalu lama mendekam di rumah kali ya, jadinya udah kangen banget sama suasana berlibur di luar rumah. Maaf ya, ngeles mulu nih.

Namun, memang kenyataannya seperti itu. Secara sadar, pandemi corona ini rupanya telah melumpuhkan pergerakan kita untuk beraktivitas secara normal di luar rumah selama beberapa bulan lamanya. Bahkan, dampaknya juga dirasakan langsung oleh berbagai sektor industri dan bisnis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jujur, siapa sih yang enggak kesal? Ibarat kata, lagi senang-senangnya nih sama sesuatu, eh tiba-tiba direnggut kesenangannya secara paksa oleh si empunya. Pastinya, kecewa berat dong!

Baca Juga: Tips Aman Mencuci Pakaian Keluarga Masa Pandemi

Saat Memutuskan untuk Berlibur…

Back to the topic, keinginan untuk berlibur kali ini rasanya akan menjadi momen yang berbeda dibandingkan dengan liburan sebelumnya. Karena, ada keresahan dan kekhawatiran didalamnya. Otomatis, kecemasan ini tentu tidak dapat saya pungkiri, yang mana didalamnya menyangkut kesehatan orang-orang tersayang. So, gimana enggak dilema coba?! Namun, selagi protokol kesehatan menjadi prioritas utama, enggak ada salahnya bukan untuk mencoba?

liburan aman saat pandemi
Credit by pexels.com

Well, berikut ini adalah tips aman versi saya yang mungkin bisa kamu coba saat memutuskan untuk berlibur di luar rumah. So, check this out!

  • Usahakan untuk berlibur dengan orang-orang yang serumah. Tidak mengajak saudara dan termasuk juga orangtua yang berusia lanjut, dimana risiko untuk terpapar virus corona ini cukup tinggi
  • Selalu gunakan masker saat berpergian dimanapun dan kapanpun
  • Carilah tempat rekreasi alternatif yang tidak terlalu ramai pengunjungnya
  • Utamakan untuk pergi ke tempat-tempat outdoor dibanding indoor
  • Sebisa mungkin hindari kerumunan saat berada di tempat umum
  • Batasi waktu berpergian, usahakan jangan terlalu lama berada di tempat umum ketika berlibur.

Beda Situasi, Beda Isi Tas

tips berlibur saat pandemi
Credit by pexels.com

Enggak sampai disitu aja, barang-barang bawaan saat berlibur di tengah pandemi seperti saat ini pun juga berpengaruh lho. Saya akui, lumayan cukup ribet lah ya. Tapi, apa mau dikata, kalau memang niat berlibur di situasi kayak gini, tentu persiapannya juga mesti berkali-kali lipat proteksinya. Alias, enggak bisa sembarangan pergi liburan gitu aja.

Lantas, barang-barang tambahan apa saja sih yang saya bawa dan siapkan saat berlibur kemarin? Ini dia, selengkapnya!

  • Masker kain dan cadangan masker, yang banyaknya sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah
  • Bawa selalu hand sanitizer kemanapun
  • Jika perlu, bawa juga sabun cuci tangan di botol kecil. Karena kita semua tahu, cuci tangan dengan sabun tentu jauh lebih bersih ketimbang sekadar usap-usap hand sanitizer aja kan?!
  • Untuk jaga-jaga, bawa juga ya tissue basah. Terserah deh mau yang isinya berapa aja, bebas!
  • Antisipasi diri dengan membawa pakaian lebih, khususnya nih kalau dari hotel mau keluar cari makan misalnya. Usahakan ganti baju yang dipakai keluar tadi, dengan pakaian yang khusus untuk dipakai saat sudah didalam kamar. Khawatirnya nih si coro malah ikutan nempel tanpa kita sadari. Duh, enggak mau kan pulang-pulang bawa penyakit?!
  • Bawa alat makan sendiri, baik itu berupa sendok, garpu, tumbler, sedotan aluminium, termasuk sumpit sekalipun, haha
  • Siapkan juga selalu tote bag didalam tas ya agar lebih ramah lingkungan.

Selebihnya, disesuaikan kembali dengan kebutuhan bawaan masing-masing. Sampai sini cukup jelas ya!

Setelah Berpergian, Lakukan Swab Test Untuk Jaga-jaga

tips liburan saat pandemi
Credit by pexels.com

Untuk jaga-jaga, alangkah baiknya jika dilakukan pemeriksaan swab test pada seluruh anggota keluarga setelah berpergian. Utamanya, pada mereka yang mulai menampakkan gejala, seperti demam, batuk, sesak napas, serta gejala lainnya. Karena, berpergian ke kawasan zona hijau sekalipun tidak bisa menjadi jaminan bagi kita untuk terhidar dan aman dari paparan virus corona ini.

Ditambah lagi, jika di rumah terdapat orangtua yang sudah berusia lanjut dan bayi. Maka, penerapan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak) mesti lebih diperketat lagi agar penularan virus ini dapat dihindari. Biasakan juga, untuk segera mengganti dan mencuci baju yang digunakan setelah berpergian ya. Pasalnya, kita tidak tahu pasti darimana virus corona ini akan menyerang orang-orang tersayang.

Gimana nih? Udah agak tenang untuk memutuskan berlibur di situasi pandemi ini? Kalau masih ragu, boleh banget kok sharing disini. Semoga bermanfaat ya teman-teman, SALAM WARAS!

Ludy

Leave a Reply

Close
Social profiles