Menikmati Hidup Melalui Tidur yang Nyaman

Menikmati hidup nyatanya dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya dengan tidur. Yup, tidur. Simpel banget kan kedengarannya. Tapi jangan salah sangka dulu gaes, tidur adalah cara kita untuk sejenak merehatkan tubuh dan pikiran dari penatnya aktivitas seharian. Ampuh banget lho, dan yang paling penting adalah aktivitas tidur ini sangat bernilai “nikmatnya” dan gratis. Bahkan, bagi emak sendiri asal udah ketemu bantal atau alas seadanya, ngelapak pun jadi buat tidur. Aseliii, ini gratis dan dijamin ramah lingkungan (lho!?), hahaha.

Pictured by pexels.com

Menarik banget nih rupanya, ternyata tidur juga mempunyai banyak manfaat lho! Khususnya, bagi bayi dan balita, karena bagi mereka aktivitas tidur ini tidak hanya sekadar mengistirahatkan tubuh saja saat mereka lelah. Namun, lebih dari itu, ternyata aktivitas ini dapat mengoptimalkan fungsi kerja otak mereka, sehingga hal ini sangat mendukung proses tumbuh kembang fisik dan mental mereka secara maksimal.

Walaupun dalam hal ini, semakin bertambahnya usia, para bayi-bayi yang akan beranjak menjadi anak-anak ini akan semakin berkurang waktu tidurnya. Hal ini disebabkan, karena bertambahnya daya jangkauan mereka yang sudah dapat lebih leluasa untuk bergerak dan bereksplorasi dalam mengenal hal-hal baru di sekitarnya. Ajaib banget dong pastinya manfaat dari aktivitas tidur ini.

Namun, di sisi lain, rupanya masih banyak juga orang yang memiliki masalah dengan tidur mereka. Otomatis, jelas hal ini dapat mempengaruhi waktu istirahat dan kinerja mereka dalam beraktivitas sehari-hari. Dan, pada umumnya gangguan tidur ini seringkali dialami oleh mereka yang tergolong dalam usia produktif. So, kebayang banget dong pastinya, betapa rumitnya hidup mereka sehingga mempengaruhi waktu istirahat mereka untuk tidur. Adapun, pada kenyataannya kondisi stress lah yang menyebabkan gangguan tidur tersebut muncul.

Apalagi, saat ini kita hidup di jaman yang serba cepat lagi canggih kayak gini, sehingga skala tuntutan dan tekanannya pun lebih tinggi dibanding sebelumnya. Maka, enggak usah heran lagi, kalau telinga kita sekarang ini udah enggak asing dengan istilah jenis-jenis gangguan tidur, seperti insomnia, narkolepsi, hipersomnia, parasomnia, sleep apnea, dan masih banyak lagi. Please, sorry to say sebelumnya, karena kali ini emak enggak bakal menjelaskan satu persatu jenis gangguan tidur tersebut, mohon maklum yaaa gaes hihii.

Pictured by pexels.com

Kendati demikian, selain itu ada satu hal penting yang wajib diperhatikan baik-baik, yaitu seperti apa sih cara yang tepat untuk bisa menikmati tidur dengan nyaman? Nah, ini penting banget lho buat para kaum milenial kekinian saat ini. Karena, dengan tercukupinya waktu tidur yang optimal dapat mendukung pola hidup sehat secara tepat dan cerdas. Brilian kan idenya?

Apalagi, lifestyle saat ini telah banyak mengusung penerapan pola hidup sehat, baik itu melalui konsumsi makanan ala “vegie”, jenis olahraga yang dijalani, habit sehat sehari-hari berdasarkan pola pikir, dan yang paling penting terkait waktu istirahat guna menghindari stress. Catet yooo, hihii. Akan tetapi, kita tetap bisa kok menikmati pola hidup sehat dengan cara yang amat sederhana. Bahkan, tidak perlu menggelontorkan banyak uang untuk menjalani pola hidup sehat seperti yang disebutkan di atas. Karena, solusinya simple banget, yaitu TIDUR. Lho, gimana sih caranya? Berikut ulasannya.

Pictured by pexels.com
  • Kondisikan tubuh dalam keadaan bersih atau mandi terlebih dahulu dengan air hangat atau dingin sebelum tidur
  • Siapkan pakaian “terbaik” yang dijamin dapat membuat kamu nyaman untuk tidur, tanpa menimbulkan resiko adanya gangguan dari jenis bahan pakaian yang digunakan tersebut
  • Lakukan aktivitas ringan sebelum tidur, seperti membaca buku atau pemanasan ringan seperti sit up dan push up, yang pada nantinya akan berefek pada kelelahan yang membuat anda jadi mengantuk dan ingin segera tidur
  • Jauhkan dan hindari mengonsumsi makanan berat yang berlemak dan mengandung kolesterol jahat sebelum tidur, jika tidak maka anda harus siap menanggung resiko bertambahnya BB pada tubuh keesokan harinya
  • Rajin-rajinlan membersihkan tempat tidur, karena kenyamanan saat tidur adalah hak anda seutuhnya
  • Matikan lampu saat tidur dan hindari bermain handphone sebelumnya
  • Terakhir, jangan lupa membaca doa sebelum tidur, karena dengan ini akan membuat tidur anda nyenyak sampai pagi.

Nah, gaes, udah kebayang dong gimana nikmatnya saat tidur? Meski, bahasanya rada nyeleneh, tapi cara jitu versi emak ini kepake banget buat emak pribadi. Terlebih, dari aspek kualitas tidurnya pun jadi lebih optimal, hehee. Maybe, kembali lagi ke masing-masing orangnya lho, dan tergantung juga dari latar belakang yang mereka miliki. Meski, cara emak ini kesannya receh banget, ya setidaknya bisa lah bermanfaat sedikit. So, selamat mencoba yaa. Ditunggu sharingnya, hehehe.

Sharing is caring!

18 thoughts on “Menikmati Hidup Melalui Tidur yang Nyaman

  1. Saya dari kecil udah insomnia. Skrg pun walaupun kondisi capek, tetep aja tidurnya gak bisa cukup. Misalnya tidur jam 9 malem, nanti jam 1 pasti bangun dan gak bisa tidur lagi sampe pagi. Mending kalo siang bisa tidur. Nggak 😖. Kadang iri sama suami yang pulang kerja bisa langsung merem adem ayem tanpa peduli sama apapun.

    1. Nah, kalau enggak salah, tidur dimatikan lampunya juga sunnah mbaa, pastinya ada nilai manfaat dibalik perintah itu kan mbaa hehee, simpelnya biar gampang tidur 🤣🤣🤣

    1. Wah, ngeri-ngeri sedap ini mbaa, kudu siap on terus ya mbaa tiap malam buat shift2an gantian nemenin si kecil? Semangaaat mbaa, yg penting setiap ada waktu untuk istirahat, manfaatin buat tidur mba hehe

    1. Nah, kadang disitu saya merasa sedih mbaa, apalagi kalau ada DL, Ya Allah, tidur segan ngantuk pun melanda. Tapi, bener banget ya mbaa kalau rutin olahraga, tubuh jadi enak banget buat tidur. Sukaaakk 😍

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares