Ragam Tren Hobi Seru Selama Pandemi: Dijamin, Anti Boring!

Menjalani hidup di masa-masa pandemi kayak gini biar enggak boring, perlu banget nih yang namanya jalanin hobi. Kira-kira, apa aja sih tren hobi seru selama pandemi ini? Penasaran? Cuss, buruan merapat disini!

Ragam tren hobi seru di masa pandemi, apa aja sih? Nyatanya, banyak banget lho aktivitas seru yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu luang di masa pandemi. Khususnya, bagi mereka yang mendapatkan privilege untuk stay #dirumahaja selama pandemi Covid 19 ini. Beberapa diantaranya beranggapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah provinsi ini adalah keputusan yang tepat sembari mengoptimalkan waktu bersama keluarga di rumah, sehingga bisa aja mereka-mereka ini akan merasa have fun melalui aktivitas quality time yang dilakukan bersama keluarga. Dan, tak lupa juga, pekerjaan tetap prioritas pastinya.

Namun, jangan salah, ada juga lho yang beranggapan dari hadirnya pandemi ini justru membuat ruang gerak aktivitas mereka segalanya jadi serba terbatas, bahkan bisa sampai bikin mati gaya. Nah lho! Jelas, kondisi ini disebabkan oleh latar belakang dan karakter yang berbeda-beda oleh tiap orang. Maka, untuk mengantisipasinya perlu banget bagi kita untuk menjalani sebuah hobi yang dapat mengalihkan pikiran kita agar lebih rileks. Duh, jadi enaknya ngapain nih? Yuk, lanjut!

Jalani Hobi, Nikmati Waktumu

Credit by pexels.com

Adapun, saya menuliskan hal ini semata-mata agar kita semua bisa merasa lebih rileks dan lapang menjalani semua ujian hidup yang rasa-rasanya makin terasa berat dari hari ke hari. Belum juga usai pandemi ini berakhir, permasalahan Omnibus Law ini pun rupanya menyita banyak perhatian dan telah menorehkan luka yang cukup dalam di hati kita semua, rakyat Indonesia. Lantaran, poin undang-undangnya yang persis dengan ‘UU Sapu Jagat’. Ahhh, periiih banget rasanya hati saya menyaksikan kondisi yang makin pelik ini. Sehingga, menjalani hobi dirasakan tepat bagi saya pribadi untuk dilakukan selama pandemi ini. Khususnya, untuk menjaga kesehatan mental saya (tsah!).

Bagi saya, menjalani hobi ibarat stress reliever yang bikin body jadi lebih rileks dan good feeling saat menikmati tiap momennya. Makanya, saya sendiri suka heran plus enggak sadar, kok bisa sih sampai se-la-ma itu. Enggak sadar, kalau rupanya sudah banyak waktu yang saya luangkan untuk sebuah hobi. Iya, hobi lho! Enggak percaya? Nih, buktinya!

Sebuah penelitian dari Universitas College London mengungkapkan bahwa dengan melakukan hobi tertentu dapat menurunkan tingkat depresi hingga 30%, serta dapat mengurangi gejala depresi yang telah dialami oleh pria dan wanita. Tidak hanya sampai disitu, bagi mereka yang belum memiliki hobi dan baru saja menjalani sebuah hobi, maka tingkat depresinya pun bisa berkurang lho hingga 32%.

Waahhh, ajaib kan?! Makanya, yuk dilirik-lirik dulu, kira-kira hobi apa nih yang cucok buat kamu, hehe.

Baca Juga:

Ragam Tren Hobi Seru Selama Pandemi: Dijamin Anti Boring!

Credit by pexels.com

Stay at home, atau mungkin -untuk saat ini- lebih tepat disebut dengan ‘terjebak di rumah’ rasa-rasanya tentu akan sangat membosankan dong. Namun, dari situasi yang menyebalkan ini pasti bisa dilewati kok jika kita memanfaatkan tiap waktunya dengan hobi dan aktivitas yang menyenangkan sekaligus bikin refresh diri dari segala kejenuhan. Nah, kira-kira apa aja sih tren hobi seru selama pandemi ini? Penasaran? Yuk, let’s check this out!

1. Menanam Tanaman Hias dan Berkebun

Ini mah hobi saya banget, haha. Diawali dari kesukaan mama yang doyan nanem berbagai jenis tanaman di rumah, lalu berlanjut dengan mengambil jurusan perkuliahan yang erat kaitannya dengan tanaman (red-hutan), dan berakhir dengan indah sebagai IRT beranak satu yang senang bercocok tanaman hias di rumah, wkwkw. Enggak masalah juga sih sebenarnya, namanya juga hobi yang diawali dari kebiasaan lalu dipupuk dengan materi perkuliahan yang nyangkut dikit-dikit.

Well, kenyataannya nih aktivitas tanam-menanam ini rupanya malah jadi makin hits lho selama pandemi ini dan makin berkembang menjadi sebuah tren. Uniknya lagi, beberapa jenis tanamannya pun juga ikut melesat sekaligus fenomenal dengan harganya yang makin melangit. Duh, kalau saya nih kayaknya nunggu ‘ademan’ dulu kali yey daripada jadi korban monkey business kalau beli sekarang, ehhh. Bercanda ya gengs, haha. Nunggu yang gratisan aja lah, justru lebih baik toh, wkwkwkk.

2. Bersepeda

Bersepeda nampaknya telah menjadi life style bagi masyarakat kita hari ini. Awalnya, aktivitas ini diniatkan untuk berolahraga di pagi hari sembari berangkat menuju tempat bekerja dan juga sekaligus mengurangi polusi udara tentunya. Nah, akhir-akhir ini, khususnya di masa pandemi. Aktivitas bersepeda rupanya menjadi salah satu hobi yang tengah banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bahkan, sudah mulai banyak bermunculan berbagai komunitas pesepeda yang tampak lalu-lalang di semua akses jalan lho, utamanya di weekend.

Well, yang begini nih bikin emak-emak macem saya jadi auto mupeng buat ikutan juga beli sepeda lipat, hahaa. So, buruan lah paksu approved wishlist bininya ini biar bisa ikut sepedaan juga, wkwkwk. Nah, sebelum mulai sepedaan, khususnya di masa pandemi kayak gini biar gak latah mending perhatikan dulu step by step bersepeda aman agar selamat dan terjaga selama bersepeda. Okeokeee!

3. Memasak

Buat yang doyan makan dine in macem saya, pastinya bakal rindu banget suasana makan di restoran yang makanannya masih panas dari kompor dan aromanya pun enggak kalah fresh khas makanan ‘siap saji’ untuk dimakan langsung. Ditambah lagi, bisa nambah nyendok sambel sepuasnya yang emang citarasa sambalnya pun enak bingits, duh bikin kangen asliiiik. Berhubung, lagi ada pembatasan makan dine in beberapa waktu ini, akhirnya saya pun memberanikan diri untuk meng-create sejumlah resep makanan yang emang jadi favorit saya selama ini. Wajar sih ya kondisinya lagi kayak gini juga.

Dan, sepertinya hal ini enggak hanya berlaku bagi saya aja. Saya rasa banyak pihak juga yang merasakan hal serupa, hingga akhirnya memutuskan untuk memberanikan diri memasak di dapur. Nah, istimewanya nih kalau emang tangannya jago bebikinan makanan enak, pasti deh apapun itu juga bakalan auto enak. Kendati, wujud fisik makanannya pun -maaf- buruk rupa (astagaaah!). Pokoknya, sekali merasakan bisa bikin masakan enak dan sukses bikin orang sekitarnya suka, dijamin deh bakal ketagihan buat explore menu-menu lainnya di rumah. Good luck!

4. Dari Ikan Cupang Hingga Aquascape

Saya percaya, tiap orang punya kecenderungannya masing-masing terhadap hobi yang mereka jalani. Nah, begitupun juga dengan mereka yang menggemari ikan cupang dan bahkan sampai rela merogoh kocek lebih dalam untuk menciptakan habitatnya yang baru (meski dimanipulasi) di dalam sebuah akuarium. Dengan sedikit kreativitas dan sentuhan tangan, hingga akhirnya menghasilkan sebuah tampilan landscape ekosistem bawah air yang begitu indah.

Padahal, ikan cupang sendiri sejak dulu diketahui sudah lama diburu untuk dipelihara dari berbagai kalangan, utamanya dari kalangan menengah ke atas. Apalagi di masa pandemi kayak gini, ikan cupang seolah sudah satu paket dengan aquascape yang tengah booming (lagi) akhir-akhir ini. Bisa jadi, para pegiatnya ini tengah butuh hiburan dari indahnya perpaduan ikan cupang dan aquascape agar tak melulu stress selama pandemi ini, hehe. Iya, kaaaann…

5. Nonton Netflix Vs Dengerin Podcast

Kalau aku sih, dua-duanya okey alias NO PROB, hahaha. Asli deh, dua kegiatan ini beneran bikin nagih. Apalagi, kalau genrenya emang kita banget dan favorit, rela deh enggak bagi-bagi. Tapi, ada tapinya nih, mesti siapin budget khusus ya gaes, apalagi kalau levelnya pengen yang premium sampai berlangganan. Duh, budgetnya mesti dianggarkan tiap bulan nih, ditambah kuota internetnya pun juga kudu extra mile, haha. Hemat saya, pinter-pinter cari promo ya gaes biar makin worth it sama kantong, udah itu aja. Catet!

Menyenangkan Diri dengan Hobi, Ini Tipsnya!

Menyenangkan diri dengan hobi, rupanya ada tipsnya lho. Iya sih, ini versi saya. Siapa tahu bisa berguna untuk teman-teman semua, baik itu yang sudah memiliki hobi sejak lama ataupun yang baru saja ingin menjalani hobinya. Meskipun, aslinya saya sendiri masih on process soal manajemen waktu, haha. Tapi, enggak ada salahnya bukan untuk sharing?! So, yuk simak tipsnya di bawah ini!

Credit by pexels.com

1. Luangkan waktu

Bahkan, jika perlu siapkan list to do tiap pekannya untuk dilakukan selama satu minggu penuh terkait hobi yang kita jalani. Buatlah schedule yang tepat dan terorganisir agar tidak mengganggu aktivitas dan prioritas penting lainnya. Ingeeet, jangan lupa masakkin dulu tuh paksu sama si kecil biar enggak rewel minta makan, haha.

2. Siapkan budget

Terkait budget, pastinya tiap orang punya cara tersendiri untuk menyusun anggaran keuangan agar dapat mendukung hobi mereka. Paling tidak, jangan sampai mengganggu keuangan keluarga cuma gara-gara hobi. Please, jangan sampai deh! Lebih baik, atur strategi se-cantik mungkin. Misalnya, kamu suka menanam tanaman hias, nah daripada beli, mending coba tengok tetangga kanan-kiri dan depan-belakang rumah. Kira-kira apa ada yang punya tanaman cakep, tunasnya banyak, dan boleh diminta enggak. Jika ada dan boleh diminta, bisa banget nih buat diambil dan dirawat di pekarangan rumah. Lumayan banget kan jadinya minim budget. Bahkan nih, kalau enggak mau keluar duit untuk beli pupuk, sok belajar sendiri bikin pupuk organik via youtube. Gampang, bukan? Tinggal search, klik, beres! Sing penting mau belajar. Itu kuncinya.

3. Buatlah beberapa target

Percaya enggak, kalau hobi rupanya bisa menjadi sebuah prestasi dan bernilai menguntungkan? Nah, rupanya nih banyak lho hingga saat ini yang menjadikan hobi sebagai jalan rezeki yang tak terduga. Seperti kata Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang mengatakan bahwa “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Maka, agar hobi yang kita jalani ini tidak sia-sia gitu aja, perlu bagi kita untuk menetapkan target yang tujuan utamanya untuk meningkatkan skill dan kapasitas kita terhadap hobi yang kita minati ini. Syukur-syukur kalau akhirnya jadi profesional, otomatis bakal girang kan kalau makin dibayar mahal, hehe. Psstt, itu nilai plusnya aja lho ya. Utamanya sih, lebih ke kepuasan batin dan pengembangan diri. Ingeeet lho gaes!

Gimana, gimana? Udah enggak sabar ya buat jalanin hobi versi kamu? Yuk, temukan dan jalani hobi yang sesuai dengan diri kamu! Buatlah dirimu senyaman mungkin saat menjalaninya ya, have fun and enjoy yourself! Semoga bermanfaat, jangan lupa juga stay safe and stay healthy selalu ya teman-teman. SALAM WARAS!

Ludy

Sharing is caring!

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares