Tumbuhkan Kebiasaan Positif Anak Melalui Animasi Edukatif Zuzhu dan Zazha

animasi edukatif

Mendampingi anak-anak generasi alfa, di tengah derasnya arus digital saat ini nyatanya membutuhkan bekal yang sangat banyak untuk para orang tua millenial. Ini penting, karena generasi alfa ini adalah mereka yang dalam kehidupannya sangat lekat dan selalu bersinggungan dengan teknologi dan dunia digital. Kendati, dalam praktiknya kita sebagai orang tua cukup diuntungkan dengan situasi ini. Dimana, teknologi menjadi sarana pembelajaran yang tepat, efisien dan mudah untuk dijangkau, asal sesuai dengan peruntukannya yes.

Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik. Sehingga tetap ada pengawasan, sekaligus menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak.

Putu Andani, M.Psi, Psikolog

Mendampingi anak-anak generasi alfa, di tengah derasnya arus digital saat ini nyatanya membutuhkan bekal yang sangat banyak untuk para orang tua millenial. Ini penting, karena generasi alfa ini adalah mereka yang dalam kehidupannya sangat lekat dan selalu bersinggungan dengan teknologi dan dunia digital. Kendati, dalam praktiknya kita sebagai orang tua cukup diuntungkan dengan situasi ini. Dimana, teknologi menjadi sarana pembelajaran yang tepat, efisien dan mudah untuk dijangkau, asal sesuai dengan peruntukkannya yes.

animasi edukatif
Launching duo karakter animasi edukatif Zuzhu dan Zazha

Nah, beryukur banget nih, pada Minggu (29/9) lalu bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Saya berkesempatan hadir pada peluncuran karakter Zuzhu dan Zazha sebagai tokoh animasi edukatif yang diprakarsai oleh Frisian Flag Indonesia. Menariknya, karakter Zuzhu dan Zazha ini hadir untuk menginspirasi anak-anak Indonesia melalui e-comic dan animasi pendek yang mengisahkan nilai-nilai positif. Serta, penanaman kebiasaan baik yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Dan, pastinya anak-anak bakal suka deh dengan dua karakter ini.

“Kami berharap kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minum sehat dan aman yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini,” terang Aliah Shalihah selaku Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia.

Yuk, Kenalan Dengan Zuzhu dan Zazha!

Zuzhu dan Zazha merupakan dua karakter animasi edukatif yang terinspirasi dari tetesan susu yang mengandung banyak manfaat dan kebaikan. Misalnya, pada tokoh Zuzhu sendiri dikenal memiliki berbagai kekuatan super, antara lain Active-Blast, Brave-Bump dan Encou-Ray. Sedangkan, pada tokoh Zuzhu ini juga dikenal memiliki berbagai kekuatan super seperti Zazha, yaitu Kecerdasan Tinggi, Rambut Super dan Skill Pemimpin. Wah, kelebihan yang dimiliki oleh Zuzhu dan Zazha keren banget ya bisa memotivasi anak-anak untuk hidup sehat dan bersikap positif sejak dini.

Launching duo karakter Zuzhu dan Zazha

Pada peluncuran kali ini juga dilaksanakan minum susu bersama dengan seluruh tamu yang hadir. Sekaligus, meresmikan duo karakter Zuzhu dan Zazha sebagai tokoh animasi edukatif yang memiliki tujuan utama dalam meningkatkan literasi gizi dan pembelajaran gaya hidup sehat sejak dini. Menariknya lagi, acara ini juga bekerja sama dengan Alfamart dalam menggelar aktivitas menggambar dan mewarnai karakter Zuzhu dan Zazha. Dimana, dalam pelaksanaannya melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia.

Mini talkshow oleh para narasumber

Pada acara launching yang dipandu langsung oleh Ronald Surapradja ini pun juga mengadakan mini talkshow singkat dengan para narasumber terpercaya. Salah satunya, Bambang Gunawan Santoso yang tak lain adalah Animator Indonesia yang dalam kesempatan ini turut berbagi pengalamannya. Dalam penjelasannya, Mas Bambi biasa dia disapa, menjelaskan bahwa karakter animasi juga dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak.

“Dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Tidak kalah penting, pemilihan alur cerita menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama, dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan. Agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Langkah ini pula yang dilakukan FFI dalam menciptakan dan mengembangkan karakter dan cerita Zuzhu dan Zazha,” jelas Mas Bambi.

Cara Cerdas Nikmati Konten Animasi Bagi Anak-Anak

Putu Andani, M.Psi selaku Psikolog juga sepakat dengan adanya pemanfaatan animasi sebagai medium dalam membantu pembentukan karakter anak. Putu menuturkan bahwa karakter animasi dapat menjadi salah satu media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara yang menyenangkan. Terlebih, di era digital seperti saat ini. Pasalnya, ketika anak memasuki masa middle childhood (sekitar 6-12 tahun), faktor yang memengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas. Bukan hanya orang tua, teman dan guru saja. Namun, konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat memengaruhi.

Oleh sebab itu, Putu menganjurkan kepada orang tua agar dapat mendampingi anak dalam menikmati konten animasi dengan cara:

  1. Pastikan e-comic dan film animasi sesuai dengan usia anak
  2. Cari tahu dan cermati terlebih dahulu gambaran singkat mengenai kisah dan karakter
  3. Fokus dan arahkan anak saat membaca e-comic dan menonton film animasi
  4. Ajak anak berdiskusi setelah membaca e-comic dan menonton film animasi.

Dan tak lupa, tentunya juga harus didukung dengan pemenuhan nutrisi harian yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak ya buibuuuk. Seperti, susu Frisian Flag ini yang mengandung banyak manfaat dan kebaikan bagi tubuh anak-anak kita.

animasi edukatif
Gimana, udah pantes belum jadi teman maennya Zuzhu dan Zazha?

Gimana gaes, cukup tercerahkan bukan dengan hadirnya duo tokoh animasi edukatif Zuzhu dan Zazha ini. Semoga, kedepannya Zuzhu dan Zazha dapat menginspirasi lebih banyak anak-anak di seluruh Indonesia bahkan internasional yaaa, aamiin. Akhir kata, semoga bermanfaat ya, SALAM WARAS!

Ludy

Sharing is caring!

2 thoughts on “Tumbuhkan Kebiasaan Positif Anak Melalui Animasi Edukatif Zuzhu dan Zazha

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares