Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi Ala Ludy

Otomatis, dari situasi ini pun secara tidak langsung mengajarkan saya bahwa perputaran uang pastinya akan terus berjalan, namun tidak berjalan normal seperti biasanya. Ditambah lagi, situasi perekonomian yang rasanya dari hari ke hari makin melemah, dengan makin banyaknya PHK dimana-mana serta penutupan sejumlah tempat usaha. Sedih banget pastinya, sumpah. Sehingga, hari raya nanti pun bakal berasa banget ada yang beda, karena sadar bahwa kurang pantas rasanya berbahagia di atas penderitaan orang-orang yang sedang mengalami kekurangan.

Merayakan hari lebaran di tengah pandemi seperti saat ini, nyatanya merupakan hal baru yang “mungkin’ nanti akan saya rasakan beberapa hari lagi. Sebelumnya, membayangkan situasi buruk seperti ini pun belum pernah saya bayangkan. Terlebih, di hari raya nanti. Harapan saya pun enggak muluk-muluk, bisa berkumpul dengan keluarga inti saja sudah cukup membahagiakan hati kok. Bersyukurnya lagi, kedua orang tua saya tinggal tidak terlalu jauh dari rumah. Sehingga, hari lebaran nanti insya Allah kami masih bisa tetap berkumpul dan tips hemat lebaran pun bisa terlaksana, ehh.

Credit by pixabay.com

Meski sangat disayangkan, bahwa jadwal mudik ‘gantian’ tahun ini ke kampung halaman suami terpaksa harus dibatalkan. Ditambah lagi, Bumer udah kasih notice “jangan pulang, lebaran di Bekasi aja dulu yang penting pada sehat semua,” langsung dong suami refund ticket tanpa merencanakan reschedule lagi nantinya. SO, INTINYA SIH, DEMI KEBAIKAN BERSAMA POKOKNYA. Karena kita juga enggak tahu kan sampai kapan pandemi ini akan berakhir, khususnya di Indonesia sendiri, fiuhh.

Otomatis, dari situasi ini pun secara tidak langsung mengajarkan saya bahwa perputaran uang pastinya akan terus berjalan, namun tidak berjalan normal seperti biasanya. Ditambah lagi, situasi perekonomian yang rasanya dari hari ke hari makin melemah, dengan makin banyaknya PHK dimana-mana serta penutupan sejumlah tempat usaha. Sedih banget pastinya, sumpah. Sehingga, hari raya nanti pun bakal berasa banget ada yang beda, karena sadar bahwa kurang pantas rasanya berbahagia di atas penderitaan orang-orang yang sedang mengalami kekurangan.

Maka dari itu, agar bisa sama-sama ‘merasakan’, saya punya sedikit tips hemat lebaran yang mungkin bisa juga kamu coba di tengah pandemi Corona seperti saat ini. Apa aja? Yuk, cari tahu disini!

SAY NO TO BAJU LEBARAN

Saya pribadi sejak beberapa tahun ini tiap kali lebaran prefer pake baju yang ada aja dan masih bagus, ketimbang harus beli lagi. KENAPA? Karena, males aja sih sebenarnya buat repot-repot windowshopping sana-sini. Tapi ini untuk saya pribadi lho ya, kalau untuk anak sih ya tetap beli. Cuma enggak banyak, sing penting ngikut pake baju baru aja hehe. Begitupun juga dengan suami, dalam konteks ini suami satu suara alias setuju banget dengan saya.

Sehingga, ketika dihadapkan dengan kondisi prihatin seperti saat ini, otomatis kami sudah terlatih dan enggak merasa shocked banget kalau-kalau enggak beli baju baru. Shortly, NO PROB lah ya! Lumayan juga kan uangnya buat nambahin saldo di rekening, hehe.

Belilah Cemilan dan Makanan Lebaran SECUKUPNYA

Credit by pexels.com

Sadar bahwa kondisi lebaran tahun ini jelas amat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Maka, saya pun memilih untuk tidak terlalu konsumtif dalam memburu cemilan dan makanan untuk dikonsumsi di hari lebaran nanti. Kalau pun beli banyak, ya diniatkan untuk dibagi-bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Daripada harus dikonsumsi sendiri dan disimpan untuk stock beberapa hari rasa-rasanya kurang greget aja feelnya. Dan, dari agenda rutin yang harapannya bisa dikurangi ini, pastinya bakal menghemat pengeluaran banget dong pas lebaran nanti, hehe.

Bagikan ‘SALAM TEMPEL’ pada Mereka yang Benar-Benar Membutuhkan

Coba deh tengok tetangga kanan-kiri rumah atau kepoin diem-diem teman-teman main yang emang lagi kesusahan. Cari tahu kondisinya dan bantu mereka dengan memberinya ‘SALAM TEMPEL’ yang kerap kamu bagikan saat bersilaturahmi di hari lebaran. Biasanya kan, kita bagi ponakan, saudara, anak-anak tetangga yang bahkan enggak kenal sekalipun tiap lebaran dengan ‘SALAM TEMPEL’ itu. Nah, kali ini coba arahkan ke rekan-rekan yang memang amat membutuhkan. Meski jumlahnya enggak seberapa, hal ini bisa jadi salah satu bentuk kepedulian kita kepada mereka lho. Atau, kalau mau dibagikan dalam bentuk parcel sembako, juga boleh kok.

Sing penting, jadikan pemberian kita kali ini agar lebih berfaedah dan tepat sasaran ya gaes.

Enggak Mudik, Simpan Aja Uangnya untuk Dana Darurat

Qadarullah, tahun ini akhirnya kami memutuskan untuk tidak mudik. Alhasil, budget mudik inipun bisa kami simpan sebagai cadangan dana darurat jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti saat ini. So, tetap kan, dibalik tiap peristiwa pasti ada hikmahnya dan lagi-lagi saldo tabungan di rekening bisa bertambah. Sementara, silaturahminya dengan keluarga di Lumajang via vidcall dulu ya pak. Sabaaarrr…

Lebaran #DiRumahAja

Credit by pexels.com

Yup, demi kebaikan bersama memang alangkah baiknya lebaran #dirumahaja dulu. Dan, meski di rumah bukan berarti silaturahmi pun ikut terputus. Bisa kok kita lakukan secara virtual, baik itu video call di WA ataupun aplikasi Zoom Meeting sekalipun. Saling bertukar dan membagikan foto di Instagram juga enggak kalah seru kok. Sembari menguatkan, bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja, kendati di tengah suasana pandemi sekalipun. Yuk, buktikan kalau kita strong dan tangguh dalam melewati ujian pandemi ini, aamiin.

Well, semoga tipsnya cukup membantu ya dalam mensiasati budget hari raya di tengah suasana pandemi seperti saat ini. Nah, biar makin seru, yuk sharing! Semoga bermanfaat, SALAM WARAS!

Ludy

Sharing is caring!

One thought on “Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi Ala Ludy

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares