Bangun Toko Online Jadi Lebih Mudah dan Aman Pakai Midtrans

payment-gateway

Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai aplikasi Midtrans sebagai layanan payment gateway yang menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Selengkapnya, baca disini!

Desember kemarin, saya dan adik perempuan saya, Lila, hendak bertemu di sebuah mall di bilangan Jakarta Selatan. Kami berdua saling berdiskusi, membicarakan toko online milik Lila yang baru saja dibangun beberapa waktu lalu. Adapun jenis barang yang dijualnya adalah camilan berupa kue kering dan makanan frozen. Singkat cerita, dia menuturkan bahwa penjualan produknya akhir-akhir ini makin meningkat. Namun, sayang, hal itu tidak dibarengi dengan sistem pembayaran yang optimal karena masih berantakan dan tidak terintegrasi dengan baik.

Lila pun merasa bingung mengatur skema keuangan toko online miliknya yang masih belum rapi hingga saat ini. Sejurus kemudian, saya pun mengusulkan agar dia menggunakan payment gateway. Melalui sistem pembayaran ini, proses pembayaran dapat berjalan semakin mudah, efisien, dan aman. Ditambah, penjual juga ikut memberikan kemudahan bagi para pengunjung agar semakin senang berbelanja di toko online milik kita. Lantas, seperti apa sih payment gateway ini? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini! 

Mengapa Harus Menggunakan Payment Gateway?

Payment gateway merupakan medium transaksi yang diberikan oleh layanan aplikasi e-commerce dalam memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit ataupun pembayaran langsung bagi konsumen dalam aktivitas bisnis online/elektronik. Sederhananya, payment gateway ini adalah layanan pembayaran yang memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli saat melakukan transaksi online.

payment gateway midtrans

Kehadiran payment gateway ini dapat membantu toko online dalam memastikan proses pembayaran berjalan baik dengan berbagai metode pembayaran, berupa kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, gerai minimarket, maupun virtual account.

Dalam prosesnya, sistem pada payment gateway ini dapat melihat informasi penting dari konsumen, toko online, dan bank. Namun, kita tidak perlu khawatir dari segi jaminan keamanan data pribadi yang sifatnya sangat sensitif. Kenapa? Karena standar keamanan payment gateway sangat ketat, termasuk payment gateway yang ada di Indonesia. 

Dikutip dari situs niagahoster.co, standar keamanan payment gateway ini sendiri meliputi beberapa standar, antara lain:

  • Card Security Code. Segala proses transaksi hanya bisa diproses jika memiliki tiga digit terakhir nomor kartu debit/kredit.
  • Address Verification System. Melalui sistem ini, catatan tagihan konsumen akan diperiksa dan dicocokkan dengan alamat kartu yang secara resmi terdaftar. Jadi, tidak ada drama saat tagih-menagih.
  • 3D Secure Password. Pemilik akun akan selalu menggunakan password yang aman ketika transaksi online berlangsung. 

Guna meningkatkan keamanan dalam berbisnis online, kini payment gateway Midtrans hadir sebagai solusi mudah dan aman untuk melakukan transaksi online di mana saja dan kapan saja. Kira-kira, seperti apa sih payment gateway Midtrans ini? Selengkapnya, yuk cari tahu di sini!

Payment Gateway Midtrans Indonesia

payment-gateway-midtrans
Aplikasi Midtrans

Midtrans merupakan channel layanan payment gateway yang dapat memfasilitasi kebutuhan para pebisnis dalam menyediakan berbagai cara pembayaran. Berada di bawah naungan Gojek Group sejak 2017, hingga kini Midtrans telah sukses bekerja sama dengan puluhan bank, startup, perusahaan besar, serta ribuan toko online yang tersebar luas di tanah air. 

Mempunyai tagline “empowering ecommerce through technology”, payment gateway ini telah berhasil mengakomodasi berbagai entitas bisnis dengan menawarkan keunggulan utamanya, yakni kemudahan dalam bertransaksi. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan aplikasi Midtrans, antara lain:

Menyediakan Hingga 24 Metode Pembayaran

Payment gateway Midtrans dapat memperluas jangkauan pembeli dengan memberikan alternatif metode pembayaran sehingga pembeli bisa memilih cara pembayaran yang mereka inginkan tanpa biaya tambahan.

Aplikasi ini pun diketahui telah terintegrasi dengan sejumlah platform, seperti iOS, WordPress, Sirclo, Magenta, dan Shopify yang menyediakan 24 metode pembayaran online dan offline. Dengan begitu, konsumen dapat memilih untuk menggunakan kartu kredit/debit, e-money, e-banking, atau pembayaran tunai di gerai. 

Coba bayangkan, jika penjual hanya menyediakan satu rekening bank sebagai metode pembayaran dalam transaksi online/online payment, dan sebagian besar konsumen rupanya bukanlah nasabah dari bank tersebut. Tentu, para pembeli ini akan terbebani dengan biaya transfer antarbank atau bisa saja mereka mengakalinya dengan menumpang transfer melalui rekening rekannya. Alhasil, cara ini hanya akan membuang-buang waktu dan sangat tidak efisien.

Instalasi Mudah Dilakukan

Kata siapa instalasi Midtrans itu ribet? Faktanya, justru menginstal payment gateway Midtrans di website toko online jauh lebih praktis dari yang kita pikirkan. Apalagi jika kita menggunakan WordPress, di sana tersedia banyak pilihan plugin yang bisa kita gunakan, seperti Midtrans WooCommerce.

Transaksi Berlangsung Lebih Cepat 

Tanpa adanya payment gateway, bisa dipastikan transaksi terjadi secara manual. Pembeli harus mengirimkan uang terlebih dahulu melalui transfer dan lanjut dengan mengonfirmasi pembayaran. Tak lupa, penjual online juga harus membuat invoice yang dilakukan secara manual pula. Pokoknya, ribet banget deh! 

Beruntung, aplikasi Midtrans ini dirancang dengan fleksibilitas yang tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis penggunanya. Otomatis, kita dapat dengan mudah memilih beberapa pilihan integrasi yang cocok untuk kebutuhan bisnis guna mendukung kinerja dan transaksi online agar lebih cepat. 

Sistem Keamanan yang Unggul

Midtrans memiliki sistem keamanan yang sangat unggul, dengan mengoptimalkan teknologi deteksi anomali dalam melindungi transaksi dan data pribadi pengguna. Secara teknis, Tim Analisis Midtrans menggabungkan AI, machine learning, dan rumus yang kompleks dalam menilai risiko semua transaksi. 

Terlebih, sistem anti-fraud yang Midtrans miliki dapat mendeteksi munculnya transaksi yang mencurigakan. Alhasil, tanpa perlu repot, sistem keamanan yang unggul ini mampu meningkatkan jumlah transaksi yang berhasil dan juga turut memastikan pertumbuhan pendapatan klien.

Lebih Mudah dengan Payment Link

Payment Link adalah link sederhana yang telah ditentukan penjual untuk mengarahkan pembeli menuju halaman pembayaran. Link yang diberikan oleh penjual ini dapat diakses dengan mudah tanpa harus melakukan login melalui website atau media sosial tertentu. Dengan Midtrans, penjual dapat memanfaatkan payment link untuk membuat invoice sekaligus memudahkan penggunanya agar terhindar dari salah pengetikkan bahkan penghitungan nominal saat transaksi.

Payment Link dirancang agar penjual dapat menerima pembayaran online meskipun tidak memiliki website karena link dapat dibagikan melalui aplikasi chat atau media sosial. Dengan fitur ini, penjual dapat langsung menerima notifikasi real-time ketika transaksi berhasil. Fitur Payment Link pada layanan Midtrans bisa dibuat di mana saja, dashboard Midtrans. Sifatnya yang fleksibel membuat Payment Link dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis dan industri.

Dari segi keamanan, semua transaksi yang diproses melalui Payment Link sudah dianalisis oleh Aegis, sistem pendeteksi anomali Midtrans, serta 3 Domain Secure untuk menjamin semua transaksi pengguna berlangsung aman sehingga tidak ada kebocoran data dan dana milik pengguna. 

Cari Tahu Cara Kerja Midtrans

payment-gateway
Cara kerja aplikasi Midtrans

Berikut ini adalah step by step cara kerja Midtrans yang sangat praktis dan mudah diaplikasikan oleh pengguna, khususnya para pemilik toko online maupun offline, yakni:

  1. Setelah melakukan registrasi melalui https://midtrans.com/id/passport dan verifikasi akun, daftarkan lebih dulu toko online milik pengguna dengan cara menghubungkannya ke merchant admin portal Midtrans dalam mode testing (sandbox). Pada tahapan ini, pengguna bisa mengeksplorasi fitur yang sudah disediakan dan melakukan percobaan seperti integrasi ataupun pembayaran.
  2. Lanjutkan pendaftaran dengan mengisi sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Dokumen ini sendiri berupa persyaratan yang kemudian akan diverifikasi oleh pihak Midtrans. Kelengkapan dokumen ini penting agar pengguna bisa segera menerima pembayaran dari bisnis online yang sedang dijalankan. Adapun jenis dokumen yang harus dipenuhi dua di antaranya adalah KTP dan NPWP bagi yang ingin mengaktifkan metode pembayaran selain GoPay dan bank transfer. 
  3. Perlu diingat, akun yang pengguna miliki bisa digunakan untuk bisnis yang dilakukan secara perorangan atau bahkan kolektif seperti perusahaan atau yayasan.
  4. Terakhir, pengguna bisa mengintegrasikan teknis yang telah tersedia ke website bisnis e-commerce/online milik pengguna dengan tim developer. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memudahkan proses check out dari konsumen. 

Yang paling penting, pengguna tidak perlu merasa takut saat mengintegrasikannya karena payment gateway ini menawarkan berbagai pilihan model integrasi yang bisa merchant gunakan berdasarkan kebutuhan bisnis. 

Sebut saja, untuk integrasi yang paling kompleks ada API yang disesuaikan untuk kebutuhan enterprise. Lalu, Mobile SDK dan Plug-in yang cocok untuk e-commerce yang sedang berkembang. Adapun yang paling sederhana adalah Payment Link, yang dapat dengan mudah dibuat di dashboard platform ini tanpa perlu integrasi teknis dan dapat digunakan untuk transaksi melalui aplikasi messenger/chat.

Biaya Penggunaan Midtrans

Bagi merchant atau pemilik bisnis yang menggunakan jasa Midtrans untuk biayanya akan dikenai ketika proses transaksi/pembayaran dari konsumen telah BERHASIL. Biaya yang dipatok juga sudah termasuk dengan biaya proses dari bank maupun sistem deteksi penipuan.

Otomatis, para pengguna/merchant tidak perlu khawatir lagi dengan adanya biaya awal, maintainance, serta berbagai biaya lainnya. Sebab, sudah jelas, pihak Midtrans tidak mematok biaya di luar itu. Untuk info lebih lengkap terkait biaya transaksi payment gateway Midtrans, langsung saja yuk cek di http://midtrans.com/pricing.

Conclusion

Midtrans sebagai payment gateway yang populer di Indonesia, memiliki banyak kelebihan dari segi fungsional, keamanan, dan efisiensi yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha. Saya pribadi telah merekomendasikan Midtrans pada adik saya untuk mengelola bisnis online-nya saat ini. 

Lila pun mengaku, kini dia tidak lagi kesulitan untuk membuat invoice, apalagi sampai menghitung nominal tiap transaksi para pembeli saat toko online-nya tengah ramai. Semuanya sudah dilakukan dengan sangat praktis dan otomatis oleh payment gateway Midtrans.

Nah, saya dan adik saya sudah mencobanya, lho. Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Midtrans, langsung aja yuk cek akun Instagram @midtrans_com di bawah ini! Semoga catatan saya mengenai payment gateway Midtrans kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Have a good day, SALAM WARAS!

Ludy

Previous post Makin Fokus Berkendara dengan Kratingdaeng Red Bull
tips-hadapi-anak-tantrum Next post Cara Tepat Kelola Emosi Hadapi Anak Tantrum

10 thoughts on “Bangun Toko Online Jadi Lebih Mudah dan Aman Pakai Midtrans

  1. Waah bagus ya Kak dengan adanya payment gateway ini, karena bukan hanya memudahkan pemilik usaha online yang dapat menikmati proses pembayaran yang mudah, efisien dan aman, namun pelanggan juga merasakan hal demikian apalagi didukung oleh lebih dari 24 metode pembayaran online dan offline ya.

  2. Waaah untung mampir dan baca artikel kakak… Jadi, tau ttg gateway ini. Karena taun ini berencsna pengen mulai bisnis online. Jadi, tau kalo ternyata ada salah satu alternatif terbaik dalam sistem payment. Thanks yaaa. Informatif banget.

  3. Teknologi makin mempermudah kita ya. Seperti Midtrans ini yg sangat membantu proses pembayaran digital. Pelanggan maupun penjual pasti diuntungkan karena prosesnya cepat dan praktis

  4. nah ini biar mempermudah dan memperlancar proses2 pembayaran yaa, jadi konsumen2 baru pun merasa aman dan tengan ga pake drama2 kesulitan bayar

  5. wah bisa jadi pilihan nih untuk gateway pembayaran dan transaksi digital, pastinya sudah aman lah yaa untuk keamanannya, apalagi kita bakalan segera lepas landas nih di dunia digital, apa2 nanti serba digital

  6. Cocok nih! Di landing page diberi metode pembayaran yang beragam supaya calon customer makin percaya sama toko online kita. Kalo buat pencairannya gimana mbak? Cepat kah?

Leave a Reply

Social profiles