5 Situs Berita Online Pilihan Emak

Hiruk pikuk aktivitas media sosial nampaknya tak pernah berhenti sedetikpun. Bahkan, jika diperhatikan tiap waktunya, pasti ada saja kejadian-kejadian unik dan menarik yang wajib disimak alias di’kepo’in oleh tiap pemerhati media sosial. Tentunya, sebagai pegiat medsos pun sudah seyogyanya memahami betul nilai-nilai kebermanfaatan yang harus diambil dan dipelajari dari medsos tersebut. Mengingat, bukan hanya semata menghibur, namun juga mengedukasi. Di samping, sikap bijak dalam menggunakan medsos tersebut harus sebaik mungkin.

Berbicara soal medsos, jujurly emak lebih senang membaca berita-berita hard news dan soft news di sejumlah situs-situs online. Bukan karena emak antipati terhadap media cetak, melainkan jenis ragam berita yang disajikan di media online lebih banyak dan mudah untuk diakses kapanpun dan dimanapun. Serta, update beritanya pun lebih cepat, sehingga jenis berita yang dibawakan masih terbilang hangat alias fresh. Tanpa harus menunggu naik cetak terlebih dahulu.

Flashback duluuu…
Sebagai mantan reporter yang dulu pernah berkecimpung di dunia media massa, emak pun pernah merasakan betapa riweuhnya para pemburu berita setiap saat. Seolah waktu, 24 jam tidak cukup untuk mengejar semua itu demi tercapainya target. Terlebih, untuk jenis berita hard news, wehh jangan main-main gaes. Meleng sedikit, bakal ketinggalan updetan terbaru. Ngeri memang, tetapi seperti itulah dinamikanya. Namun, dibalik itu semua emak akui, i love this work, tapi di satu sisi emak enggak kuat sama jam kerjanya yang unlimited. Hayati lelah, Fergussoo.

Kendati demikian, emak bersyukur banget memiliki pengalaman luar biasa saat menjalani proses tersebut. Seolah, memiliki kepuasan tersendiri saat bisa menjalankan tugas yang diberikan redaktur kala itu. I’m so happy and gratefull with all of this experience. Dengannya pula, emak belajar untuk sebisa mungkin memacu diri, disiplin dan teguh dalam pendirian. Maksudnya disini, teguh dalam menuliskan berita, tidak cenderung pada satu pihak, alias cover both side.

Karena, aspek utama dari sebuah berita sejatinya adalah keadilan dalam memberitakan sesuatu tanpa ada rasa kecenderungan terhadap satu pihak. Well, meski pada kenyataannya, ada aja berita “pesanan” sana sini. Sehingga, isi berita yang harusnya hitam menjadi putih atau bahkan jadinya malah abu-abu. Mengingat, tujuan utamanya adalah untuk menggiring opini dan persepsi pembaca dalam menentukan sikap. I know, dan emak tidak mau seperti itu. Cukup, jelas bukan!

5 Situs Berita Online Pilihan Emak
Saking banyaknya situs berita online yang tersebar sampai saat ini, sebagai netijen kita harus cerdas memilih isi-isi berita yang “sesuai” alias tidak bermaksud memprovokasi. Disamping, mencegah jenis-jenis berita dengan muatan konten yang berbau hoax, SARA dan pornografi. Dan, sikap dalam memfilter berbagai berita yang masuk ini penting banget agar kita sebagai pembaca tidak dibodohi dengan muatan-muatan unfaedah, karena nanti pasti ujung-ujungnya ghibah, nah lho! So, berikut ini 5 situs berita online yang menjadi pilihan emak sehari-hari, check this out…

  1. RMOL (Republika Media Online)
    Situs berita online yang satu ini bener-bener punya ciri khasnya khusus, meski muatannya dominan dengan hard news. Namun, nilai-nilai humanis yang dituangkannya dalam soft news ini berhasil membuat pembaca hanyut dalam tiap kata-katanya. Disamping, memiliki kredibilitas yang tinggi, media yang satu ini juga sangat “profesional” dalam menyajikan berita-berita tertentu tanpa harus menyinggung nilai-nilai SARA. Recommended lah.
  2. IDN Times
    Ini salah satu refrensi emak saat membutuhkan sajian berita berupa soft news. Dilihat dari tiap judulnya yang disajikan, nyatanya berhasil membuat para pembaca tertarik dengan konten-kontennya tersebut. Adapun, kekuatan IDN Times ini terletak pada sajian kontennya yang membahas seputar lifestyle, relationship, film, dan masih banyak lagi. Serta, konten berita yang disajikannya pun ringan dan mudah dipahami dalam balutan struktur listicle, sehingga sangat membantu pembaca dalam memahami isi berita. Oh iya, di situs ini pula para netijen bisa terlibat langsung menjadi kontributor aktif lho, apalagi ada poin khusus sebagai reward yang bisa diredeem dalam bentuk uang untuk para kontributornya. Menarik banget kan, two thumbs lah untuk IDN Times!
  3. Hipwee
    Sejenis dengan IDNtimes, emak juga suka baca situs berita online yang satu ini. Situs hipwee ini menjadikan soft news sebagai andalan utama mereka. Bahasa yang digunakannya pun ringan dan dapat menarik pembaca untuk melihat isi konten yang disajikan. Muatan konten yang ditampilkannya pun beragam, mulai dari lifestyle, relationship, tips, film, dan masih banyak lagi. 11-12 lah kayak IDNtimes.
  4. Tempo.co
    Nah, untuk jenis bacaan hard news, emak juga suka buka situs yang satu ini. Tempo.co, dengan bahasanya yang tepat dan tajam, rupanya mampu menyajikan fakta dan opini jadi lebih hidup. Dan, inilah yang menjadi modal utama Tempo.co dalam setiap kontennya. Menariknya lagi, media tempo ini terbilang cukup “berani” dalam mengungkap sejumlah fakta-fakta di lapangan, which is berkaitan langsung dengan penguasa kala itu dan saat ini tentunya. Saluutee!
  5. Kumparan
    Situs berita online yang satu ini punya kualitas berita yang cukup bagus, meski masih terbilang baru di jagat perindustrian media massa. Menariknya, Kumparan ini selalu menyajikan tiap kontennya dengan penggunaan bahasa yang mampu membuat pembaca penasaran. Belum lagi, hal ini juga ditambah dengan penelusuran beritanya yang sarat dengan nilai-nilai investigasi. Sehingga, enggak terkesan murahan dan lebih bernilai. Pokoknya cucok lah.

Itulah 5 situs berita online pilihan emak, walaupun sebenarnya masih banyak lagi situs berita keren lainnya. Namun, dalam hal ini emak agak selektif dalam memilih situs berita, yang mana didasarkan dari bobot berita yang disajikan serta framing yang ditampilkan. Sehingga, pembaca seperti emak dapat menilai sendiri kira-kira nilai-nilai apa saja yang dapat diambil dari isi konten berita tersebut. Tanpa harus sepenuhnya langsung membenarkan dan meyakini isi dari berita tersebut. Selamat membaca, salam waras!

Sharing is caring!

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares