Kriya Nusa 2019, Ajak Millenial Cintai Produk Kerajinan Indonesia

Indonesia selain dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Juga dikenal dengan ragam budaya dan bahasanya yang beraneka macam. Maka tak heran, jika di Indonesia ini kita dapat menemukan banyak suku, bahasa, tradisi, kuliner, serta kerajinan dari tiap daerah yang menjadi kultur khas Indonesia.

Yeay, Kriya Nusa 2019 Hadir Lagi!

Indonesia selain dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Juga dikenal dengan ragam budaya dan bahasanya yang beraneka macam. Maka tak heran, jika di Indonesia ini kita dapat menemukan banyak suku, bahasa, tradisi, kuliner, serta kerajinan dari tiap daerah yang menjadi kultur khas Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dan makmur dengan segala potensi yang ada didalamnya. Serta, bertujuan untuk mensejahterahkan warganya. Meski dikenal dengan keanekaragamannya yang melimpah ruah, namun tiap-tiap daerah ini memiliki tujuan yang sama dalam menyatukan beragam potensinya untuk kesatuan Indonesia. Wah, menarik banget ya untuk dipelajari!

Dan, erat kaitannya dengan budaya, di Indonesia sendiri rupanya juga kaya lho dengan berbagai produk kerajinan lokalnya yang kompetitif. Mulai dari batik, anyaman bambu, songket, kain tenun, kerajinan logam, dan masih banyak lagi.

Maka, berdasarkan hal itulah penting dilakukan sosialisasi dan promosi secara menyeluruh. Agar produk-produk kerajinan lokal ini dapat dikenal luas oleh seluruh seluruh warga Indonesia hingga masyarakat dunia. Dan, Kriya Nusa 2019, tepat menjadi wadah bagi produk-produk kerajinan Indonesia ini untuk show off dan dikenal luas oleh masyarakat.

Ada Apa Aja Sih di Kriya Nusa 2019?

Diprakarsai oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), acara ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan hasil kerajinan dari seluruh Indonesia guna meningkatkan target pasar produk kerajinan daerah. Dan, hal ini sesuai dengan pemaparan yang disampaikan oleh Widodo Muktiyo selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (Kemkominfo RI) dalam acara Temu Netizen pada Senin (9/9) di Kembang Goela Resto, Jakarta Pusat.

Kriya Nusa 2019
Bapak Widodo Muktiyo selalu Dirjen Kemkominfo RI sedang memberikan sambutan

“Karya seni Indonesia harus dikenal secara online hingga mendunia. Sebagai upaya kita untuk mempercepat kemajuan NKRI dalam hal penjualan kerajinan lokal Indonesia dengan harga yang kompetitif,” ujarnya.

Fyi, penjualan produk kerajinan lokal kita di Indonesia hingga saat ini sudah mencapai sekitar 9,6 juta lho! Dan, telah beredar di berbagai marketplace tanah air. Ditambah pula, pada 2018 kemarin tercatat ekspor produk kerajinan Indonesia telah menghasilkan 1,2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia. WOW, itu artinya karya seni Indonesia punya potensi dan daya saing tinggi untuk menghasilkan devisa negara yang lebih banyak lagi.

Fashion show Kriya Nusa 2019 (Credit by Anazkia)

Diikuti oleh 246 stand, dalam agenda Kriya Nusa 2019 ini juga diadakan fashion show, workshop ragam hias Tekuluk oleh Dekranasda Jambi, workshop pembuatan TasLidi dari bahan baku Lidi Cambia, pentas seni budaya Minang, dan masih banyak lagi. Selain itu, masih pada agenda Kriya Nusa 2019 ini juga terdapat beberapa jenis produk yang ditawarkan, antara lain:

  1. Tekstil
  2. Keramik
  3. Serat alam
  4. Batu-batuan
  5. Logam
  6. Kayu
  7. Bahan baku alam
  8. Bahan baku alam olahan
  9. Lukisan

Mengangkat tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan” pada Kriya Nusa 2019 ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat dalam meningkatkan rasa cinta dan memiliki, serta bangga terhadap penggunaan produk kerajinan Indonesia.

Kriya Nusa 2019: Saatnya Millenial Ikut Serta!

Kerajinan Indonesia harus dijaga. Sekaligus juga, mendekatkan secara luas (mendunia) dan perlu ada upaya regenerasi sebagai warisan kebudayaan untuk anak cucu

Euis Saedah, Sekretaris Jenderal Dekranas.
Kriya Nusa 2019
Ibu Euis Saedah (ujung kanan) tengah menjelaskan tentang latar belakang Dekranas

Noted! Ini penting banget dan mesti diperhatikan, karena kalau bukan kita (kaum millenial), siapa lagi? Maka dari itu, upaya regenerasi ini perlu banget diwadahi dan difasilitasi kedepannya. Mengingat, karya seni Indonesia perlu dijaga dan dilestarikan keberlangsungannya. Disamping, secara ekonomi, kerajinan Indonesia ini jika dipromosikan dengan baik tentu akan menghasilkan devisa yang sangat menguntungkan bagi negara.

Tak lupa, dalam kesempatan ini pula Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas , Promosi, dan Publikasi Kriya Nusa ikut menambahkan, “generasi millenial harus turun tangan dalam menggerakkan UMKM Indonesia dengan ikut mempromosikannya. Melalui akses informasi online di berbagai media sosial,” ujarnya.

Ibu Triana Rudiantara (berdiri) sedang menjelaskan tentang Kriya Nusa 2019

Sehingga, salah satu tugas penting millenial saat ini dalam mendukung Kerajinan Indonesia adalah ikut serta mempromosikan produk kerajinan terbaik Indonesia lewat media sosial yang kita miliki dan menerapkannya dalam outfit sehari-hari (asiik kan!).

Gimana gaes, penasaran dong pastinya dengan agenda yang satu ini? Nah, supaya enggak makin penasaran, yuk ahh buruan datang ke Kriya Nusa 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta Selatan mulai dari 11-15 September 2019. Karena, cuma di agenda Kriya Nusa 2019 lho kamu bisa dapat banyak insight tentang produk kerajinan Indonesia sekaligus bisa belanja langsung produknya disana. Menarik banget kan! Jangan sampai kelewatan yaa. Semoga bermanfaat, Salam Waras!

Banner Kriya Nusa 2019

Ludy

Sharing is caring!

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares