Mau Jadi Content Creator? Yuk, Kenali Personal Branding Ala IDN Creator Network!

personal branding

Hari gini, siapapun pasti berminat dong jadi content creator. Tapi, ada tapinya nih, mesti tahu seluk beluk personal branding yang efektif seperti apa. Nah, biar makin greget, langsung aja yuk baca ulasannya disini!

Jadi content creator, siapa coba hari gini yang enggak pengen?! Dan nyatanya makin kesini minat warga +62… (khususnya) untuk berkecimpung dalam dunia content creator justru terus meningkat jumlahnya. Berbagai jenis platform media sosial kekinian pun menjadi andalan bagi para content creator untuk menunjukan eksistensinya di bidang industri kreatif. Sehingga, kesempatan untuk dilirik oleh berbagai brand maupun perusahaan terkini seolah terbuka luas bagi para content creator.

Namun dibalik itu semua, para content creator ini mesti punya personal branding yang baik lho. Nah, kira-kira seperti apa sih personal branding yang efektif itu? Yuk, cari tahu disini!

Yuk, Cari Tahu Personal Branding Ala IDN Creator Network!

IDN Creator Network

Personal branding, poin inilah yang menjadi fokus IDN Creator Network yang berada di bawah naungan IDN Media dalam menciptakan iklim content creator yang berkualitas. Dimana, kita ketahui selama ini personal branding umumnya menjadi sebuah identitas tersendiri dari sebuah produk maupun perusahaan. Padahal, branding ini sendiri rupanya bukan hanya dimiliki oleh perusahaan saja lho.

Pasalnya, secara individu kita juga membutuhkan aspek ini. Utamanya bagi mereka yang berkecimpung di dunia content creator. Persona, value dan karakter yang kuat seolah menjadi ciri khas yang dibutuhkan untuk terus bertahan dalam industri ini.

Lantas, bagaimana cara content creator agar bisa memaksimalkan diri dalam hal personal branding?

Untuk memahaminya, Kamila Pri Azarini, Creator Development Manager di IDN Creator Network, menjelaskan bahwa dengan mengetahui nilai-nilai yang ada dalam diri, maka seorang content creator dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki guna membangun kredibilitas dan mengembangkan karier. Terlebih, dirinya juga menegaskan bahwa media sosial bukanlah satu-satunya medium yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan personal branding content creator.

tips personal branding

Ini Dia, Tiga Kunci dalam Memperkuat Personal Branding

Berprofesi sebagai Creator Development di IDN Creator Network, membuat Kamila sadar betapa pentingnya personal branding bagi seorang content creator. Mengingat, para content creator ini yang juga bertindak sebagai representasi produk dengan personal branding-nya yang kuat dapat memberikan pengaruh bagi audiens secara luas.

Tidak lupa, Kamila juga membagikan tiga kunci penting untuk para content creator dalam meningkatkan personal branding mereka, antara lain:

personal branding

Self-awareness

Content creator harus mengetahui dengan baik terkait nilai dan skill apa yang dimiliki. Maka, jangan pernah berhenti untuk terus bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Ingat, jika kita tidak pernah mencoba, maka kita pun tidak akan pernah tahu potensi besar apa yang kita miliki.

Be yourself

Menurut Kamila, autensitas yang dimiliki oleh para content creator dapat menonjolkan sisi unik yang dimilikinya. Lantas, mulailah dari sekarang untuk menentukan strategi bagaimana content creator ingin dikenal publik secara luas dan jangan lupa juga untuk terus memberi positive impact dengan cara yang tepat.

Build your content on social media

Media sosial rupanya tetap menjadi sentral utama dalam mengokohkan personal branding. Intinya sih, mesti rajin upload konten di media sosial sebagai sarana mempertegas kehadiran kita secara online. Dengan tetap memperhatikan muatan konten yang dibagikan, yakni bernilai edukatif dan memiliki manfaat, seperti tips & trick serta tutorial.

Sebelum ditutup, Kamila juga mengingatkan para content creator untuk perlu melakukan kolaborasi guna menciptakan personal branding yang efektif. Karena, dampaknya pun sangat bernilai positif dan dapat meningkatkan kredibilitas mereka. Jadi, jangan pernah mengeluh lantaran proses panjang ini, nikmati dan jalani saja. Mengingat, ada value yang bisa kita ambil, yakni proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Well, semoga catatan kali ini bermanfaat yaa, SALAM WARAS!

Ludy

12 thoughts on “Mau Jadi Content Creator? Yuk, Kenali Personal Branding Ala IDN Creator Network!

  1. Aku setuju dg build content on medsos. Zaman digital ini kaum milenial py mobilitas tinggi di jagat maya. Medsos. So, kita harus rajin berkomunikasi lewat medsos agar dikenal..

  2. Nah bener banget tuh minimaliris yang namanya mengeluh. Lebih baik fokus kepada karya yang kita buat, perbanyak dan sebarluaskan karya kita ke orang banyak. Hasil tidak akan mengkhianati usaha.

  3. Sebagai yang masih icip-icip dunia content creator, jadi paham betapa besar pentingnya personal branding. *brb cek akun sendiri

Leave a Reply

Close
Social profiles