Selain Monstera, 5 Tanaman Hias Ini Juga Layak Jadi Incaran Lho!

Ingin merawat tanaman hias? Yuk, cari tahu lima jenis tanaman hias menarik lainnya yang layak jadi incaran kamu. Jadi, enggak harus melulu Monstera aja kan, hehe.

Selain Monstera, 5 Tanaman Hias Ini Juga Layak Jadi Incaran Lho! Bahkan, harganya pun jauh lebih murah dan tergolong mudah dalam perawatan. Apalagi, untuk saya yang pemula, jelas hal ini sangat mendukung minat saya agar lebih giat memelihara tanaman hias di rumah. Kendati, pengennya sih jadi hobi sepanjang masa, haha. Lantaran, sejak dulu punya cita-cita ingin memiliki konsep hunian dengan suasana rumah yang evergreen, sejuk, dan asri. Asiiik kan!

Pictured by pexels.com

Disamping, masalah budget juga pastinya yang memengaruhi banget. Sebenarnya lebih ke sadar diri aja sih dengan kondisi finansial, kalau sampe mau ‘latah’ alias ikut-ikutan beli tanaman yang lagi hits saat ini. Apalagi, di masa pandemi kayak gini. Urusan perut tampaknya menjadi prioritas utama, ketimbang memaksakan diri untuk sebuah kebutuhan tersier. Demi beberapa lembar daun yang harganya pun fantastis, hingga menyentuh angka jutaan rupiah. Tak main-main, bonggolnya pun juga ikut dihargai dengan nominal yang bikin dompet was-was dan hati teriris.

Well, kalau ada budgetnya sih enggak masalah lah ya. Kalau enggak ada, tapi pengen nikmatin hobinya, gimana? Tenang, tetap bisa kok! Cuss, lanjut!

Pilih Mana, Ikutin Tren Tapi Mahal Or Sesuai Isi Dompet?

Kalau ditanya dengan pertanyaan kayak gitu, jelas saya akan lebih memilih untuk menyesuaikan dengan isi dompet. Karena eh karena, kalaupun sampai harus memaksakan diri hanya demi sebuah tren yang pada akhirnya enggak akan berarti apa-apa alias enggak bernilai (lagi), tentunya capek banget. Iya, capek banget buat nyari duit dan ngumpulinnya.

Ditambah lagi, basically secara finansial kita enggak terbilang mapan untuk hal-hal tersier kayak gitu. Jadi intinya, balik lagi ke pribadi masing-masing juga sih. Kalau memang sudah hobi dan terlanjur fanatik, ya monggo dipenuhi. Tapi, kalau masih newbie seperti saya, yang bahkan untuk hal perawatan pun belum telaten-telaten banget, mending cari aman deh.

Sayang banget kan, kalau udah beli tanaman hias mahal-mahal macem Monstera dan kitanya enggak terlalu paham soal perawatan, dilalah enggak sampe sebulan malah mati. Jadi, kenali dan sadari diri dulu, sejauh mana sih kemampuan kita dalam merawat dan mengeluarkan budget untuk tanaman pastinya. Mengingat, perihal budget ini bukan hanya sebatas beli-belinya aja, tapi juga mencakup perawatan dan pemeliharaan, untuk membeli pupuk, vitamin, dll.

Baca Juga:

Manfaat Merawat Tanaman Hias di Rumah, Apa Saja Sih?

Rupanya merawat tanaman hias di rumah, bukan hanya untuk sekadar mempercantik dan memberikan kesan asri aja lho. Tapi, manfaatnya pun justru lebih dari itu. Hal ini sendiri telah dibuktikan oleh berbagai studi ilmiah yang menyatakan bahwa tanaman hias ini selain berfungsi untuk estetika visual. Namun, juga dapat memberikan dampak positif bagi orang-orang yang ada didalam rumah. Apa sajakah? Ini dia, selengkapnya!

Pictured by pexels.com

1. Membersihkan Racun Udara

Hal ini telah dibuktikan secara langsung melalui studi yang dilakukan NASA. Dimana, hasilnya ialah tanaman hidup terbukti dapat menjernihkan udara lantaran fungsinya yang mampu menghancurkan bahan kimia organik dan mudah menguap pada sejumlah jenis benda yang ada di rumah. Seperti, buku, karpet, bahkan tas belanja. Terlebih, tanaman hias ini bisa menghilangkan 87% racun udara dalam waktu sekitar 24 jam.

2. Menghilangkan Stress

Dalam sebuah penelitian yang dibuktikan oleh Dr. Leonard Perry dari University of Vermont, menyampaikan bahwa paparan visual yang dihasilkan oleh tanaman hias dapat mengurangi tingkat stres dalam waktu lima menit. Nah, percaya enggak tuh? Dan, menariknya lagi, tanaman hias ini juga mampu memberikan getaran positif lho selama di rumah. Jadinya nih, bisa bikin kita happy terus dengan suasana hati yang oke.

3. Meningkatkan Produktivitas dan Konsentrasi

Melalui studi ilmiah yang dipublikasikan oleh Journal of Environmental Psychology. Menyatakan bahwa keberadaan tanaman hias di rumah, salah satu manfaat utamanya ialah dapat meningkatkan daya fokus dan konsentrasi. Selain itu, berdasarkan studi lain juga menyebut bahwa tanaman hias yang ditempatkan di meja kerja dapat meningkatkan produktivitas seseorang hingga 15 persen.

4. Mempercepat Proses Pemulihan

Manfaat tanaman hias di rumah juga ada hubungannya lho dengan kesehatan fisik. Utamanya, dalam mempercepat proses penyembuhan setelah sakit. Hal ini, dijelaskan secara langsung melalui penelitian yang dipublikasikan oleh laman scientificamerican.com, yang menyebutkan keberadaan taman di rumah sakit rupanya sangat berpengaruh dalam proses penyembuhan pasien. Sehingga, para pasien ini pun secara langsung merasakan respon kejiwaan yang lebih baik, suasana hati menjadi lebih positif, dan tidak terlalu bergantung pada konsumsi obat.

So, dari empat poin di atas, kira-kira manfaat apa aja nih yang sudah kamu rasakan? Yuk, sharing!

Selain Monstera, 5 Tanaman Hias Ini Juga Layak Jadi Incaran Lho!

Rupanya nih, selain Monstera, masih banyak lagi lho jenis tanaman hias lainnya yang layak jadi incaran. Ditambah, harganya pun jelas jauh lebih murah dan mudah dalam perawatan. Apa saja? Langsung aja yuk, check this out!

1. Begonia

Begonia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diincar orang lantaran kecantikannya yang terpancar. Sehingga, tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk ditempatkan di teras rumah yang mendapatkan sinar matahari langsung. Selain itu, cara perawatannya pun tergolong mudah, baik itu saat ditanam maupun selama proses perawatan. Nah, saya sendiri juga memelihara tanaman Begonia ini lho di rumah.

Pictured by pinterest.com

Adapun, jenis yang saya miliki ialah Begonia shrubs yang enggak kalah cakep. Beberapa diantaranya, memiliki jenis daun yang tampak berkilau, namun ada juga yang memiliki bulu-bulu halus di permukaan daunnya, seperti halnya kain beludru. Ditambah lagi, jenis Begonia yang satu ini juga punya tampilan bunga yang cantik dengan warnanya yang memikat, seperti putih, merah, dan merah muda. Dan, jangan kaget ya, harganya cukup terjangkau lho, under Rp50.000 lah. Hayooo, pengen punya juga gak nih? Hehe.

2. Karet Kebo

Pictured by pexels.com

Mempunyai nama latin Ficus elastica, jenis tanaman yang satu ini juga dikenal luas memiliki manfaat sebagai pembersih udara. Tidak hanya sampai disitu, manfaatnya pun kian bertambah dengan digunakannya tanaman Karet Kebo ini sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Bagi saya, tanaman Karet Kebo punya tampilan visual yang estetik dan ciamik, enggak kalah keren lah sama Monstera.

Disamping, harganya pun jelas jauh lebih murah, jika kita memilih varietas yang standarnya ‘biasa’ aja, haha. Bahkan, untuk perawatannya pun tergolong mudah lho, bukan jenis tanaman manja yang harus disiram setiap harinya. Uniknya, Karet Kebo ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias indoor untuk mempercantik hunianmu. Pokoknya recommended lah.

3. Calathea tricolor

Pictured by tokopedia.com/@succulents life

Salah satu jenis tanaman hias cantik, yang tergolong murah dibanding varietas Calathea lainnya. Meski, saya sendiri enggak mau terlalu ikutin tren juga sebenarnya. Tapi kalau ada budget lebih, kenapa enggak? Sesekali boleh lah ya, hehe. Diketahui, tanaman hias satu ini memiliki daun varigata dengan warna krem, merah keunguan, dan hijau. Ditambah, dengan bentuk tiap helai daunnya yang panjang dan lebar. Cara perawatannya pun cukup mudah, asal tidak ditempatkan di bawah terik matahari secara langsung. Soal harga, cukup murah lah, sekitar Rp50.000an. Tertarik membeli? Kuy, buruan, hehe.

4. Lidah Mertua

Pictured by pexels.com

Dikenal luas dengan sebutan Sansevieria, jenis tanaman hias yang satu ini rupanya punya daya pikatnya tersendiri dengan bentuknya yang berupa daun panjang dan runcing. Serta, memiliki tekstur yang keras dan tebal. Menariknya, tanaman hias lidah mertua ini juga punya beragam varietas lho. Mulai dari yang murah, bahkan hingga yang mahal sekalipun. Nah, kalau saya nih jelas dong pilih yang varietasnya standar, alias murce, haha.

Karena, kita enggak tahu kan nantinya bakal kayak gimana. Siapa tahu, yang sekarang dibilang banyak orang ‘biasa-biasa aja’, justru bakal hits dan naik daun mengalahkan Monstera nantinya, wuihhh. Manfaatnya pun juga bagus banget lho, yakni mampu menyerap karbon dioksida dan karbon monosida yang ada di dalam ruangan. Gimana nih, enggak kalah keren kan pastinya?!

5. Philodendron Jari

Tanaman hias yang memiliki nama latin Philodendron selloum ini, juga enggak kalah menarik lho dengan ‘sodara-sodaranya’, seperti Sirih gading, Monstera, Moonlight dll. Saya sebut ‘sodara’, karena Philodendron Jari ini masih satu genus dengan mereka, yakni genus philodendron. Memiliki bentuk yang unik menyerupai jari, jenis tanaman hias ini tergolong mudah lho dalam hal perawatan. Yakni, cukup dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Tapi, berhubung saya menempatkan tanaman hias ini di dalam ruangan, maka saya menyiramnya setiap dua hari sekali. Sembari, dijemur untuk mendapatkan cahaya matahari di pagi hari hingga menjelang siang. Oh iya, harganya juga relatif murah lho, berkisar Rp50.000 hingga Rp75.000an. Wahhh, cukup murah bukan?!

Hayooo, dari lima jenis tanaman hias diatas, adakah yang menarik perhatianmu? Kalau ada, enggak ada salahnya lho untuk mencoba merawatnya dengan baik, hehe. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat ya catatan saya kali ini, SALAM WARAS!

Ludy

Sharing is caring!

11 thoughts on “Selain Monstera, 5 Tanaman Hias Ini Juga Layak Jadi Incaran Lho!

  1. Aku paling suka sama tanaman lidah merbau mbak Ludy hehe
    Tanaman yang paling membuat aku merasa aman tentram nyaman karena tidak rewel dan sangat mudah dirawatnya. Apalagi aku suka menaruh tamanam indoor dan di pot jadi lebih susah.. tapi lidah mertua memang yang terbaik haha

    1. Di rumah banyak banget lidah mertua karena sudah beranak semua. Tumbuhan itu memang bikin suasana hati lebih adem karena melihat warna hijau pasti suasana jadi lebih menyenangkan. Apalagi ada tanaman dengan bunga yang cantik-cntik dijamin stres hilang.

  2. aku paling tertarik sama begonia. bagiku yang penting dapat manfaat dari tanaman, sih. soal harga, kalau memang buat berniat untuk dijual kembali ya cari yang murah aja.

  3. Salam waras juga Mbak. Saat pandemi ini, kesukaan menanam memang makin bertambah ya. Memang enak sih tanam menanam. Apalagi tanamannya juga cakep. Saya sedang suka nanam sayuran nih Mbak. Kalau panen rasanya tuh senang banget meskipun tidak banyak. hehe.

  4. saya sampe sekarang kok belum berkebun ya. Padahal tetangga sudah berjejr rapi tuh bunga bunga nan cantik menggoda. Sudha ada niat sih tapi nggak bergerak gerak, ya salahs atunya ternyata perlu biaya. Beli pot, beli tanah. Soalnya di batam tanahnya merah semua, nggak bisa dipakai untuk nanam bunga.

Leave a Reply

Close
Social profiles
shares