Serunya Belajar dan Bernyanyi Bersama Hoala & Koala

Hoala-Koala

Ada rekomendasi menarik nih buat buibuk yang lagi cari platform digital lagu dan animasi anak Indonesia. Yup, ada Hoala & Koala, yang tepat untuk menghibur dan menemani pembelajaran si kecil. Bagi yang belum tahu, yuk sini merapat dan baca ulasannya baik-baik ya!

Titik – titik hujan
Masih membasahi
Kala kau menyapa
Pelangiku
Ingin kuberlari
Jumpa bidadari
Bawalah aku pergi
Bersamamu
Bisikkan kisah yang lucu
Nyanyikanlah lagu merdumu
Merah kuning
Jingga dan ungu
Sentuhkan warnamu dalam gaunku

Pelangiku by Sherina Munaf

Masih terekam dengan jelas dalam ingatan saya penggalan lirik lagu Pelangiku yang dinyanyikan oleh Sherina sampai detik ini. Lagu yang ceria, mendidik dan sarat dengan nilai kehidupan anak-anak Indonesia, begitu mudahnya dapat saya temukan di zaman saya kecil kala itu, yakni era 90-an. Harmonisasi lagu antara lirik dan suara penyanyinya yang khas terasa begitu akrab di telinga saya. Terlebih, bahasa yang digunakannya pun juga amat sopan dan menggambarkan budaya negara kita, Indonesia.

Ahh, lagi-lagi saya dijebak rindu dengan kenangan lagu anak-anak sewaktu kecil. Bahkan hingga kini, tepatnya setelah saya menjadi seorang ibu dan memiliki seorang anak perempuan yang umurnya pun telah beranjak memasuki usia sekolah taman kanak-kanak.

Seolah ingin menularkan atmosfir yang sama pada si kecil, terkadang saya tak segan untuk menyanyikan beberapa potongan lirik lagu favorit saya saat berada di dekatnya. Tak jarang pula dia bertanya sekaligus penasaran dengan judul lagu yang tengah dinyanyikan oleh ibunya itu. Lantaran terdengar begitu ceria dan bahagia.

Khadijah yang terkesima dengan lagu anak-anak yang disenandungkan oleh ibunya inipun sontak tak mau kalah. Dengan mudahnya dia telah menghapal beberapa lirik lagu anak-anak Indonesia favorit saya. Saya yang mendengarnya pun dibuat takjub dengan pelafalan suaranya yang cadel, namun begitu menghibur.

Ahh, dalam hati saya bergumam, ingin sekali mengenalkan Khadijah lebih banyak lagi lagu anak-anak Indonesia yang ceria dan mendidik, tapi kekinian alias sesuai dengan zamannya. Ditambah dengan adanya ilustrasi berupa animasi digital dalam bentuk 3D yang manfaatnya pun dapat memberikan gambaran yang jelas bagi Khadijah agar bisa memahami berbagai informasi dengan baik.

Yuk, Kenalan dengan Hoala & Koala!

Hoala-Koala

Beberapa hari yang lalu, setelang searching sana-sini akhirnya saya menemukan sebuah channel media anak yang konsepnya tidak hanya menghibur, namun juga mengedukasi. Yup, Hoala & Koala, sebuah platform digital 3D yang menyajikan lagu dan animasi anak Indonesia serta sarat dengan nilai-nilai pembelajaran.

Hoala & Koala hadir dalam memberikan alternatif tayangan yang mendidik serta menghibur anak-anak di masa pertumbuhannya saat ini, khususnya di masa golden age. Dimana, nilai-nilai positif pada anak mesti terus ditanamkan sejak dini, sehingga kelak bisa melahirkan habit yang positif bagi kepribadiannya.

Diceritakan, Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat suka menyanyi. Dimana, Hoala & Koala ini merupakan karakter musikal yang divisualisasikan dalam animasi 3D dan memiliki sifat layaknya anak-anak yang tumbuh dan berkembang di masa era digital seperti saat ini.

Hoala & Koala ini diciptakan dalam karakter 3D agar tidak mudah lekang oleh waktu dalam memberikan kontribusi di dunia musik anak-anak. Serta, tidak perlu khawatir, karena karakter-karakter ini tidak akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. Mengingat, fokus utamanya ialah lagu dan animasi untuk anak-anak.

Menariknya lagi, Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga bisa bernyanyi lho. Seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, Rubin, Bu Aya, dan lainnya. Alhasil, dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala.

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Cari Tahu Yuk, Keunikan Hoala & Koala!

Hoala-Koala

Saat mendengarkan dan menonton Hoala & Koala bersama Khadijah, saya menemukan banyak hal-hal menarik yang rasanya tepat untuk dijadikan poin plus dari platform ini. Melihat Khadijah yang sumringah dan ceria mengikuti lagu-lagu dari Hoala & Koala, tanpa sadar saya pun jadi ikut menyanyikannya juga.

Alhasil, saya pun jadi ingin menyimpulkan beberapa hal yang saya rasa unik dari platform Hoala & Koala ini. So, kira-kira apa saja sih, yuk cari tahu disini!

Hoala & Koala Digarap dengan Serius dan Matang

Setelah saya cari tahu lebih dalam, rupanya Hoala & Koala ini menggarap seluruh musiknya dengan sangat serius dan matang lho. Hal ini diketahui dari sang creator yang merasa miris melihat kebanyakan musik anak-anak Indonesia selama ini tidak pernah mendapatkan perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan.

Maka, untuk memaksimalkannya, creator dibalik Hoala & Koala ini pun turut melibatkan banyak musisi internasional dalam pembuatan aransemen. Serta, menggunakan banyak sekali alat musik yang tak lazim untuk pembuatan lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album Hoala & Koala. Seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Menurut saya, jelas ini unik banget sih dan membedakan Hoala & Koala dengan platform digital anak-anak lainnya yang tengah berkembang saat ini. Kereeen!

Menampilkan Kualitas Vokal yang Berkualitas

Hoala & Koala ingin menunjukkan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak lho. Pantesan aja, pas disimak kok kayaknya nih kualitas suaranya enak banget untuk didengar alias enggak kaleng-kaleng, Salut deh!

Pemilihan Genre Lagu yang Beragam

Jika diperhatikan baik-baik, rupanya lagu Hoala & Koala ini tidak bermain di satu genre lagu saja lho, yakni genre children pop. Tapi, juga terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Tuh kan, unik banget!

Semangat Bersekolah Bersama Hoala & Koala

Ada salah satu lagu dari album Hoala & Koala yang temanya relate banget dengan kondisi Khadijah saat ini. Dimana, beberapa pekan ini Khadijah sudah mulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolahnya. Nah, lagu dari Hoala & Koala ini menjadi salah satu jurus jitu bagi saya untuk menyemangati Khadijah setiap pagi sebelum dia berangkat ke sekolah.

Lagu anak kembali bersekolah Hoala Koala mengangkat tema yang sesuai dengan kondisi anak-anak yang bersekolah di masa pandemi saat ini. Mengingat, pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama setahun lebih kemarin membuat mereka sulit untuk bersua satu sama lain di sekolah. Otomatis, belajar daring menjadi cara bagi mereka untuk saling menyapa dan membagikan kabar.

Jujur, dari liriknya sendiri agak terdengar sedih sih. Karena, keberadaan virus Covid 19 hingga detik ini yang nyatanya telah membuat kebersamaan para murid di sekolah tidak terwujud. Alhasil, menyapa teman-teman sambil belajar bersama via daring menjadi solusi yang efektif dalam menyampaikan kerinduan mereka, ahhh sweet banget sih Hoala & Koala ini. Enggak percaya? Coba deh, dengarkan sendiri lagunya di bawah ini.

Gimana nih, teman-teman? Sudah dengarkan juga belum lagunya? Jika sudah, masih banyak lho lagu-lagu Hoala & Koala lainnya yang juga menarik dan pas banget untuk diberikan pada si kecil di rumah.

Well, semoga ulasan saya kali ini bermanfaat ya teman-teman. Jangan lupa, ditungga juga nih sharing lagu favorit Hoala & Koala yang teman-teman sukai di kolom komentar. Have a good day, SALAM WARAS!

Ludy

Leave a Reply

Close
Social profiles